20 Hektar Lebih Padang Savana di Suoh Terbakar

20 Hektar Lebih Padang Savana di Suoh Terbakar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Musibah kebakaran menghanguskan sekitar 20 hektare (Ha) lebih Padang Savana di destinasi wisata Danau Lebar, danau Minyak Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh hingga danau asam di Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat, pada Selasa (11/10/2022). 

Kepala Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Bidang Wilayah II Liwa Amri, SH, M.Hum., melalui Kepala TNBBS. Resort Suoh, SH., mengungkapkan, terbakarnya Padang Savana tersebut diduga akibat kondisi alam, khususnya berasal dari letusan yang banyak ditemukan di wilayah tersebut.

"Penyebab terbakarnya Padang Savana karena memang kondisi alam, banyak letusan,  lebaran terjadi mulai dari danau, danau lebar, danau minyak hingga danau asam," ungkap Sulki.

Kebakaran tersebut, kata dia, terjadi mulai sekitar pukul 11.30 WIB dan baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB, dalam proses pemadaman dilakukan cara manual, beruntung didukung cuaca hujan sehingga pemadaman bisa cepat dilakukan.

BACA JUGA:RAPI Wilayah 07 Lambar Salurkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

"Padang Savana ini rawan sekali terbakar, beruntung tadi pada saat dilakukan pemadaman oleh petugas bersama masyarakat ada hujan, sehingga api berhasil padam," kata dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo melalui Kabid Logistik dan Kesiapsiagaan BPBD Lambar Mekal Novisa mengungkapkan, Pusdalops-PB yang menerima laporan langsung merespon dan melakukan koordinasi dengan Satgas SAR di lokasi kejadian.

"Tim SAR BPBD bersama pihak TNBBS, WCS, Barista, dan masyarakat yang berada di Kecamatan Suoh langsung melakukan penyiraman dan  penanganan di lokasi tersebut dengan memutus jalur api," ujarnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: