Lamtim Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Lamtim Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Bupati Lamtim memeriksa kesiapsiagaan Personil Penanggulangan Bencana. - Foto dwi--

LAMTIM, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Terlebih di musim penghujan, potensi terjadinya bencana alam cenderung meningkat. 

Demikian disampaikan Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi saat memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Senin 10 Oktober 2022.

"Penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab Polri dan pemerintah saja. Namun, untuk mengantisipasi dampak bencana perlu adanya partisipasi para pihak," jelas Azwar pada kegiatan yang digelar di lapangan upacara Sekretariat Kabupaten Lamtim

Dilanjutkan, penanggulangan bencana alam juga harus dilakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat. Itu bertujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana.

BACA JUGA:Lambar-Pesbar Siaga Hadapi Ancaman Bencana

"Apel siaga bencana ini bertujuan untuk menyiap-siagakan personel Polri dan instansi terkait dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten lampung Timur," lanjut Azwar dalam acara yang juga dihadiri Kabag Ops Polres Lamtim Kompol Talen Napis dan jajaran Forkopimda.

Lebih lanjut dijelaskan, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah. Namun demikian, perlu ditingkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen dalam menghadapi bencana. 

"Dalam penanganan bencana prioritaskan nyawa korban baru harta dan benda," pesan Azwar.

Apel tersebut juga melibatkan, personil dari Polres, Kodim 0429, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol PP, Dinas Perhubungan, PMI dan Unit Pemadam Kebakaran Taman Nasional Way Kambas. 

Usai apel dilanjutkan dengan pemeriksaan peralatan dan kendaraan penanggulangan bencana oleh Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: