Lambar-Pesbar Siaga Hadapi Ancaman Bencana

Lambar-Pesbar Siaga Hadapi Ancaman Bencana

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik.,M.H., memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Wilayah hukum Polres setempat, di Lapangan Apel Mako Polres, Senin (10/10/2022).

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut Dandim 0422/LB Letkol CZI Anthon Wibowo, ketua PMI Lampung Barat Edi Novial, S.Kom., Wakapolres Kompol Robi B. Wicaksono, S.H., serta perwakilan dari instansi terkait antara lain BPBD, Dishub, Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) yang masing-masing mengirim satu pleton.

Kapolres Heri Sugeng Priyantho, SIK., menyampaikan, apel kesiapan ini dilaksanakan dalam rangka pengecekan kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana polri beserta unsur terkait sebelum melaksanakan tugas dilapangan, guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah di Lampung Barat dan Pesisir Barat.

“Saya mengajak kepada kita semua agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk saling meningkatkan kapasitas kita dalam peningkatan kesiapsiagaan. Ancaman yang semakin meninggi mengenai bencana ini, harus kita hadapi dengan pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik,” ungkap Heri Priyantho.

BACA JUGA:Halangi Tugas Wartawan, Ketum PJS: TNI Segera Tindak Oknum Prajurit Itu

Dalam kesempatan itu, ia menekankan beberapa hal, yaitu tingkatkan sinergitas antar stakeholder dalam upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Lakukan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait peran serta dalam menghadapi bencana.

”Menyiapkan mental dan fisik yang prima dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi sekaligus menghindari ego sektoral dalam penanganan bencana dan lakukan koordinasi untuk menyiapkan lokasi pengungsian dan jalur evakuasi, serta laksanakan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personil yang akan ditugaskan, sehingga mereka siap dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan, agar peralatan tersebut siap pakai pada saat digunakan perlu dilakukan. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: