Cegah Inflasi, Pemkab Pesbar Siapkan BTT Rp2,2 Miliar

Cegah Inflasi, Pemkab Pesbar Siapkan BTT Rp2,2 Miliar

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menyiapkan anggaran dana Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp2,2 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, untuk mengatasi/mencegah inflasi di Kabupaten setempat.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesbar, Kasmir, S.Sos, M.M., mengatakan, dana BTT yang disiapkan Pemkab Pesbar itu merupakan tindaklanjut dari arahan Pemerintah Pusat, bahwa setiap daerah diminta untuk merealisasikan anggaran bantuan tidak terduga dan bantuan sosial untuk mencegah dan/atau mengatasi inflasi di daerah.

“Seperti pemberian bantuan operasional angkutan transportasi di daerah, bantuan sosial, maupun kegiatan lainnya untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” katanya, Kamis (29/9).

Dijelaskannya, realisasi dana BTT itu harus benar-benar tepat sasaran. Karena itu, berdasarkan hasil rapat sebelumnya bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar dan pihak terkait lainnya, bahwa untuk dana BTT itu akan ditangani oleh enam OPD terkait di lingkungan Pemkab Pesbar yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

BACA JUGA:Polres Lambar akan Gelar Operasi Zebra Krakatau, Ini Sasarannya

Enam OPD itu yakni Dinas Perikanan (Diskan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Koperasi UKM, dan Perdagangan (Diskopdag), serta Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan perindustrian (DT2KP).

“Masing-masing OPD itu akan mendapat anggaran BTT yang berbeda disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilaksanakannya baik untuk bantuan sosial, bantuan operasional, maupun kegiatan lainnya,” jelasnya.

Masih kata Kasmir, mudah-mudahan pada Oktober 2022 nanti anggaran BTT tersebut mulai terealisasi. 

Karena itu, pihaknya kembali mengingatkan OPD yang akan mengelola anggaran BTT tersebut benar-benar maksimal. 

BACA JUGA:Gerak Cepat, Pemkab Tanggamus Terjunkan Alat Berat ke Way Belu

Sehingga dampak inflasi di daerah bisa dicegah dan diatasi dengan baik, serta tidak berimbas terhadap masyarakat di Kabupaten Pesbar ini.

“Walaupun kondisi anggaran di daerah saat ini masih sangat sulit, tetapi anggaran BTT tersebut harus tetap direalisasikan sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Pusat. Begitu juga untuk besaran BTT itu ditetapkan berdasarkan evaluasi dari pusat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: