Tim Muspus SMANSA Pringsewu Maju ke Kejurnas Musikalisasi Puisi

Tim Muspus SMANSA Pringsewu Maju ke Kejurnas Musikalisasi Puisi

Tim Muspus SMANSA Pringsewu maju ke tingkat Nasional dalam lomba musikalisasi puisi.--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim Musikalisasi Puisi dari SMA Negeri 1 (SMANSA) Pringsewu maju ke kejuaraan Musikalisasi Puisi di tingkat Nasional.

Kini Tim yang terdiri dari Alvito Restu Alodya Tama, Zakha Arif Wicaksana, Zakhy Arif Wicaksana, Vincen Moreno dan Maria Toribia Joola P sedang mencari format yang tepat untuk persiapan berkompetisi dengan tim musikalisasi puisi SMA lainnya dari seluruh Indonesia.

"Sedang dalam proses penggarapan 2 puisi untuk lomba tingkat nasional, " jelas pembina sekaligus pelatih tim musikalisasi puisi SMA N 1 Pringsewu Hj. Heryanti, M.Pd di dampingi kepala sekolahnya Drs. Aris Wiranto. 

Untuk puisi "Perjurit Jaga Malam" karya Chairil Anwar yang merupakan puisi wajib sudah selesai penggarapannya. Puisi pilihan 

BACA JUGA:Dispora Tanggamus Targetkan UPT Pengelolaan GOR Ratu Terbentuk Tahun Ini

"Sajak Putih karya Chairil Anwar tinggal menemukan dinamika, suasana dari puisi yang dicarikan nada dan aransemen musiknya, sehingga padu dan diperoleh harmonisasinya," tambahnya. 

Dalam berlatih meraih prestasi maksimal lanjut Heryanti tetap melibatkan alumni, yakni dibantu alumni muspus SMA N 1 Pringsewu terdiri dari Muhammad Abi Zulkarnain, Putra Alfa Rizki, Emilia Friska Saputri, dalam mencari nada dan aransement musiknya. 

Termasuk persiapan alat musik seperti gitar, jimbe, accordion, rainstick, kicrikan kayu, pletekan kayu, wind chime. 

"Untuk memperkaya penampilan juga kita lakukan diskusi diskusi kecil," terangnya. 

BACA JUGA:Peringatan 100 Tahun, PSHT Cabang Lambar akan Hadirkan Gus Eeng dan Gelar Berbagai kegiatan

Diskusi untuk mencari nada dan aransemen puisi dengan berpedoman pada ruh puisi itu sendiri. Yaitu makna yang terkandung di dalam puisinya, agar dengan dinyanyikan makna dapat lebih cepat sampai di banding dengan pembacaan biasa. 

Kemudian juga anak-anak bersama pembina bekerja keras, mengolah puisi itu sehingga diperoleh rasa yang mendalam dari puisi.

"Setelah menjadi sebuah lagu dan dapat dinikmati juga dengan baik bagi pendengarnya. Dan pesan dalam puisi itu sampai pada rasa pendengarnya," ungkap Heryanti, M.Pd. 

Untuk diketahui, tim musikalisasi puisi SMA negeri 1 Pringsewu maju ke Nasional setelah berhasil menjadi juara pertama tingkat provinsi Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: