Diskes Pesbar Maksimalkan Vaksinasi Booster ke-2

Diskes Pesbar Maksimalkan Vaksinasi Booster ke-2

Ilustrasi [email protected]_Pixs-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terutama untuk dosis empat atau booster kedua, dengan prioritas tahap awal terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten setempat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Lisma Yunita, S.ST, M.M., mendampingi Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M., menjelaskan, vaksinasi dosis empat itu untuk sementara ini masih diprioritaskan terhadap nakes, tapi jika ada masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi dosis empat atau booster kedua itu tetap dilayani.

“Untuk pelayanan vaksinasi itu saat ini masih terus dimaksimalkan baik di tempat fasilitas pelayanan kesehatan, gerai vaksin, kegiatan pemerintah, masyarakat dan tempat lainnya,” katanya, Rabu (21/9) .

Dijelaskannya, untuk di Kabupaten Pesbar, capaian vaksinasi Covid-19 masih terus mengalami peningkatan. Dari total target sasaran vaksinasi mencapai 133.761 jiwa itu dengan rincian antara lain vaksinasi dosis satu mencapai 107.099 jiwa (80.07%), vaksinasi dosis dua mencapai 85.060 jiwa (63,59%), serta vaksinasi dosis tiga mencapai 21,761 jiwa (22,25%).

BACA JUGA:Bawaslu Pesbar Mulai Buka Pendaftaran Calon Panwascam

“Sedangkan, untuk dosis empat (booster kedua) berdasarkan update data terakhir per tanggal 20 September 2022, itu baru mencapai 133 jiwa (19,03%),” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam pelayanan vaksinasi itu hingga kini masih terus dimaksimalkan, terutama terhadap para nakes yang menjadi prioritas, hal itu juga berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) Nomor HK.02.02/C/3615/2022, tanggal 28 Juli 2022 lalu, tentang Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 bagi Sumber Daya Manusia kesehatan. Sedangkan, untuk jumlah nakes di Kabupaten Pesbar ini mencapai 900-an orang.

“Karena itu dengan realisasi capaian vaksinasi dosis empat atau booster kedua terhadap para nakes di Pesbar ini jelas masih banyak yang belum mendapat vaksinasi booster kedua. Mudah-mudahan secepatnya semua nakes selesai mendapat vaksinasi booster kedua tersebut, yang jelas tetap dilakukan secara bertahap,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

 

Sumber: