Tumpukan Sampah Menggunung di Luar Kolam Penampung TPA

Tumpukan Sampah Menggunung di Luar Kolam Penampung TPA

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesbar), di Pekon Balai Kencana Kecamatan Krui Selatan, terkesan tidak terawat.

Pasalnya, limbah sampah yang seharusnya dibuang di kolam penampung, dibiarkan menumpuk di luar kolam penampung hingga menggunung. 

Dikhawatirkan limbah sampah itu berdampak terhadap lingkungan sekitar, meski di wilayah itu jauh dari pemukiman warga.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesbar, Husni Aripin, S.I.P., mengatakan, seharusnya limbah sampah rumah tangga itu dibuang di dalam kolam penampungan. 

BACA JUGA:Stabilkan Harga, TPID Lampung Gelar OP Cabai dan Bawang Merah

Karena di dalam kolam itu belum ada pembuatan bantalan (rabat) jalan untuk dilalui kendaraan pengangkut sampah.

“Sehingga kendaraan pengangkut sampah membuang tumpukan limbah sampah rumah tangga di pinggir kolam penampungan TPA sampah itu,” katanya, Selasa (20/9).

Dijelaskannya, jika kendaraan pengangkut sampah memaksakan diri untuk masuk kedalam kolam penampungan, dikhawatirkan kendaraan itu akan terjebak, terlebih di musim penghujan sekarang ini. 

Karena itu, solusinya tumpukan sampah yang ada di pinggir kolam penampungan itu nanti akan dikeruk kedalam kolam penampungan dengan menggunakan alat berat yang ada.

BACA JUGA:Agus Istiqlal Buka Sosialisasi SIPP dan SP4N-Lapor

“Di lokasi TPA sampah itu memang memiliki satu unit excavator, salah satu fungsinya untuk mengeruk dan menata tumpukan sampah di dalam kolam penampungan tersebut,” jelasnya.

Masih kata dia, dengan kondisi tumpukan limbah sampah yang sudah tinggi di lokasi TPA sampah itu secepatnya juga akan dirapikan kembali. 

Semua sampah yang ada di pinggir kolam itu akan dikeruk masuk kedalam kolam penampungan. 

Sehingga, tumpukan sampah tidak berserakan hingga ke luar lokasi TPA sampah. Terlebih sampai dengan saat ini di lokasi itu juga belum ada pembangunan pagar keliling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: