Diskes Pesbar Imbau Masyarakat Lakukan Deteksi Dini PTM

Diskes Pesbar Imbau Masyarakat Lakukan Deteksi Dini PTM

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan pengecekan kesehatan salah satunya untuk mendeteksi dini terhadap faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) yang telah disiapkan oleh Dinkes setempat diseluruh wilayah Kecamatan maupun Pekon se-Kabupaten setempat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Lisma Yunita, S.ST, M.M., mendampingi Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M., mengatakan hingga kini Dinkes Pesbar juga masih rutin untuk melaksanakan kegiatan deteksi dini faktor risiko PTM itu di Posbindu PTM Pekon, Instansi Pemerintahan, Sekolah, Kelompok Pengajian, Pasar, ataupun Organisasi lainnya di Kabupaten Pesbar ini.

“Deteksi dini terhadap faktor risiko PTM itu dengan sasaran usia 15 tahun keatas. Tentunya dalam pemeriksaan deteksi dini PTM untuk lokus-lokus tersebut secara gratis tanpa dipungut biaya,” katanya, Jumat (16/9).

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Dinkes Pesbar tersebut. Karena dengan melakukan deteksi dini PTM itu merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. 

BACA JUGA:Penyidik dan JPU Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Santri

Mengingat, deteksi dini tersebut berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko.

“Untuk diketahui bahwa PTM merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan dari orang ke orang, yang perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang (kronis),” jelasnya.

Seperti, kata dia, penyakit Hipertensi, Diabetes Mellitus, Jantung Koroner, Stroke, Kanker, Penyakit Paru Obstruktif kronis, dan jenis PTM lainnya. 

Karena itu, perlunya adanya deteksi dini penyakit agar ditemukannya penyakit atau faktor risiko sejak dini agar bisa dikontrol dan dilakukan pengobatan pada fasilitas kesehatan agar penyakit tidak menjadi lebih berat.

 

“Karena itu kita berharap dalam pelaksanaan deteksi dini PTM ini benar-benar menjadi perhatian bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Pesbar ini. Mengingat ini untuk kesehatan masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: