Bupati Tanggamus Panen Perdana Budidaya Ikan Lele

Bupati Tanggamus Panen Perdana Budidaya Ikan Lele

--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Kegiatan Panen Perdana Budidaya Ikan Lele. Untuk Mewujudkan Program Ketahanan Pangan Pemerintah Pekon Belu Tahun Anggaran 2022, di Peko Belu Kecamatan Kotaagung Barat. 

Kegiatan di buka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dengan panen perdana Budidaya ikan Lele secara simbolis. 

Turut Hadir, Staf Ahli Muhaimin, Kadis Pertanian Kabupaten Tanggamus Catur Agus Dewanto, Kadis Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus Dhani Riza Apriansyah, Kepala SUPM Khaerudin HS, Camat Kotaagung Barat, Firdaus, Kepala UPT Puskesmas Negara Batin, Uspika Kecamatan, Kepala Pekon Se-Kecamatan Kotaagung Barat dan masyarakat pekon belu.

Dalam sambutannya Dewi Handajani mengatakan, Panen perdana ikan ini hendaknya jangan hanya sebatas seremonial saja, tetapi harus dikembangkan lagi dan bisa dilakukan berkesinambungan. 

"Kalau panen ini bisa terus dilakukan secara berkesinambungan, tentu akan memotivasi masyarakat untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan, bahkan ikut melakukan usaha," kata Dewi. 

BACA JUGA:Pemkab Lambar Gelar Rakor Persiapan Liwa Expo 2022

Ia juga menambahkan, budidaya ikan, sekaligus membuat Makanan Olahan berbahan daging ikan lele. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. 

"Peluang usaha budidaya ikan air tawar, khususnya Lele, Nila atau Gurami diprediksi akan semakin cerah dan menjanjikan keuntungan yang bisa diandalkan. Semakin lama, tingkat konsumsi ikan di kalangan masyarakat semakin meningkat," imbuhnya. 


--

Lanjutnya, hal tersebut terbukti dengan adanya warung-warung makan, lesehan maupun restoran yang menyajikan menu masakan ikan terutama ikan air tawar. 

"Saat ini tingkat konsumsi ikan air tawar masyarakat Kabupaten Tanggamus terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun.

BACA JUGA:Polresta Bandarlampung Terima Kunjungan Supervisi Bid Humas Polda Lampung

Sementara itu, Pembimbing Budidaya ikan lele, yang juga Kepala SUPM Khaerudin HS, mengatakan, Budidaya ikan lele di Pekon Belu ini adalah bentuk kerja sama dari SUPM Negeri Kotaagung. 

"Saya berharap dengan kerja sama dan pelatihan budidaya ikan lele yang ada di pekon belu Kecamatan Kotaagung Barat ini, bisa jadi percontohan bagi pekon pekon lain di Kecamatan Kotaagung Barat," ujar Khaerudin. 

Sementara itu Kepala Pekon Belu Jonli mengatakan terimakasih yang setinggi tingginya kepada Bupati Tanggamus, karena sudah menyempatkan waktu untuk menghadiri Kegiatan panen perdana Budidaya Ikan lele di pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat. 

"Saya harapkan kedepannya masyarakat Kotaagung Barat dan seluruh kepala pekon, bagaimana caranya kedepan bisa lebih maju lagi," harap Jonli.

Dalam Kegiatan tersebut bupati mencicipi bakso lele hasil olah aparatur pekon dan ibu-ibu PKK pekon serta memberikan bantuan kepada kepala Pekon Belu, serta melanjutkan kegiatannya dengan mengunjungi warga sakit Sustinawati yang menderita penyakit diabetes di Pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat.(ehl/rls/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: