BP3MI Lampung Pastikan Para Calon PMI Daftar Secara Prosedural

BP3MI Lampung Pastikan Para Calon PMI Daftar Secara Prosedural

Kepala UPT BP3MI Wilayah Lampung, Ahmad Salabi--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seiring dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, semakin membuka peluang anak muda untuk berkarir di luar negeri. 

Terkait hal tersebut Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Lampung terus mencanangkan untuk para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) melewati jalur prosedural karena saat ini banyak oknum sindikat pengiriman nonprosedural Pekerja Migran Indonesia yang menjadikan peluang kerja ke luar negeri sebagai ladang bisnis

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Wilayah Lampung, Ahmad Salabi mengatakan untuk program Government to Government (G to G) saat ini sedang berproses. 

"Jadi untuk program G to G awalnya hanya ke Jepang dan Korea Selatan. Sekarang ada tambahan Jerman,  karena mereka saat ini membutuhkan Perawat dari Indonesia," ungkapnya saat dikonfirmasi, Minggu (11/9).

BACA JUGA:Tidak Ada Lagi Kasus PMK, DKPP Pesbar Fokus Vaksinasi Hewan Ternak

"Seperti kita ketahui untuk program G to G alur pendaftaran langsung lewat website BP3MI tidak ada keterlibatan siapapun jadi dipastikan aman," sambungnya.

Ia juga mengatakan pekan depan pihaknya akan melakukan sosialisasi proses, prosedur  penempatan kerja yang resmi kepada seluruh Bhabinkamtibmas di Kabupaten Mesuji guna memberikan wawasan secara luas kepada masyarakat di desa. 

"Ini merupakan perdana oleh Provinsi Lampung sebelumnya hanya mensosialisasikan kepada masyarakat di satu titik. Jadi kalau sekarang kita mulai dari pihak kepolisian dari tataran bawah (Bhabinkamtibmas) supaya mereka paham terkait prosedur dan alur resmi untuk jadi PMI dan bisa disampaikan ke masyarakat, " ungkapnya. 

BACA JUGA:Maling Jemuran Terekam CCTV, Begini Pesan Pemilik Rumah Kos

"Program ini bahkan baru di Kabupaten Mesuji. Untuk Provinsi lain seperti ini belum ada. Kegiatan tersebut atas inisiasi Disnaker Kabupaten Mesuji dan BP3MI LAMPUNG sebagai narasumber," sambungnya. 

Ia juga mengimbau untuk masyarakat yang akan bekerja di luar negeri carilah informasi ke Dinas Tenaga Kerja di Kabupaten/ kota atau ke kantor BP3MI Lampung jangan melewati paro calo yang tidak bertanggung jawab. 

"Jangan sampai termakan bujuk rayu dari oknum yang ingin memanfaatkan niat mulia kita bekerja ke luar negeri. Pastikan berangkat kerja ke luar negeri secara prosedural agar aman dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. (ded/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: