Hujan Deras Perparah Kerusakan Jalan Poros di Pekon Pagardewa

Hujan Deras Perparah Kerusakan Jalan Poros di Pekon Pagardewa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang terjadi pada Senin (5/9) siang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat menyebabkan terjadinya kerusakan infrastruktur.

Seperti halnya di ruas jalan poros Kecamatan Pagardewa, tepatnya di Pemangku Talangimam Pekon Pagardewa dan jalan penghubung pemangku di Pekon Pahayujaya dampak luapan Sungai (Way) Umpu.

Seperti diketahui kerusakan badan jalan tepat di samping Sungai Umpu tersebut memang sudah lama berlangsung di mana bangunan bronjong yang dibangun satu tahun sebelumnya kembali amblas akibat terjangan air sungai.

Akibat hujan deras, gerusan sungai di titik longsor bertambah parah bahkan diperkirakan tidak bisa dilalui lagi oleh kendaraan roda empat karena badan jalan semakin menyempit serta jembatan beton di jalur itu kini terancam amblas. 

BACA JUGA:Kerap Menerima Keluhan, Puskesmas Bengkunat Belimbing Maksimalkan Pelayanan Kesehatan

Kondisi kerusakan yang bertambah parah tersebut menyibak perhatian anggota DPRD Lambar asal wilayah itu Tribudi Wahyuni, yang mengatakan titik kerusakan Jalan poros Kecamatan di Pekon Pagardewa tersebut memang sudah lumayan lama berlangsung namun belum ada tindakan sehingga kekhawatiran awalnya saat ini terbukti dengan kondisi abrasi bertambah parah.

"Karena ini informasi yang baru saya dapat secepatnya saya akan terjun ke lapangan untuk mengecek lokasi-lokasi kerusakan untuk segera dilaporkan kepada dinas terkait guna diupayakan penanganan mengingat jalur yang rusak tersebut merupakan jalan poros," tegasnya.

Terpisah Peratin Pagardewa Rosdani, menyebutkan di Pekon itu khususnya hujan yang terjadi tidak terlalu deras hanya saja luapan Way Umpu sangat besar bahkan meluap hingga badan jalan yang dimungkinkan tingginya intensitas hujan di bagian hulu sungai.

Rosdani juga berharap agar secepatnya dilakukan upaya penanggulangan bencana sebab titik yang mengalami kerusakan merupakan akses jalan poros kecamatan, yang jika jalur itu tidak bisa dilintasi seperti halnya mobil akan berdampak terhambatnya aktivitas baik masyarakat maupun pemerintah.

BACA JUGA:Salurkan BLT-DD di Sidodadi, Bambang Ajak Warga Manfaatkan Pitu Program PM

Sementara dihubungi via handphonenya Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Sos, M.Si., yang saat ini sedang berada di Pekon Batuapi, persiapan pelantikan Penjabat (PJ) perhatin setempat, menghimbau warga di sekitar sungai maupun yang melintas untuk lebih berhati-hati sementara waktu sebagai upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

"Kalau kerusakan Jalan akibat kerusakan sungai rumput tersebut memang sudah lama kita ketahui karena setiap harinya kita melintas tapi akibat hujan ini kondisi kerusakan bertambah parah dan cukup membahayakan bagi pengendara karena itu untuk sementara waktu tingkatkan kehati-hatian," ajaknya. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: