45 Siswa SMAN 1 Pesisir Selatan Ikuti ANBK

45 Siswa SMAN 1 Pesisir Selatan Ikuti ANBK

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tercatat 45 siswa perwakilan dari Kelas XI di SMA Negeri 1 Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 yang dipusatkan di sekolah setempat, Rabu (31/8).

Kepala SMAN 1 Pesisir Selatan, Rodi Satria, S.Pd, M.Pd., mengatakan, ANBK tahun 2022 di Kabupaten Pesbar dilaksanakan dua gelombang yakni untuk gelombang pertama pada tanggal 29-30 Agustus 2022, dan gelombong kedua dilaksanakan Rabu (31/8) hingga Kamis (1/9). Sementara itu SMAN 1 Pesisir Selatan masuk pada gelombang kedua.

“Karena itu, hari ini (kemarin-red) mulai melaksanakan ANBK diikuti perwakilan siswa kelas XI sebanyak 45 siswa. Perwakilan siswa itu merupakan sampel acak dari Kemendikbudristek,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan itu bertujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Selain itu juga untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan merinci input, serta proses output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Serta menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar di sekolah. 

BACA JUGA:Dititipkan di Rutan Kelas IIB Krui, ALB Huni Kamar Mapenaling

Sehingga kedepan diharapkan dapat diperoleh satu gambaran tentang karakteristik satuan pendidikan yang efektif untuk memunculkan tujuan pembelajaran.

“Kita juga berharap kepada siswa kelas XI yang merupakan perwakilan dari SMAN 1 Pesisir Selatan ini untuk dapat serius dalam melaksanakan ANBK tersebut,” jelasnya.

Masih kata dia, pelaksanaan asesmen ini yang diukur dalam kegiatan ini juga seperti literasi, survey karakter, dan juga survey lingkungan belajar. Kegiatan ini langsung oleh Kemendikbudristek.

Karena itu kedepan mudah-mudahan dalam pelaksanaan ANBK di SMAN 1 Pesisir Selatan ini dapat berdampak baik dalam pengembangan kualitas pendidikan, maupun pembelajaran dan sebagainya. Mengingat ANBK itu juga sangat penting bagi sekolah. Pelaksanaan ANBK ini diikuti oleh seluruh SMA se-Kabupaten Pesbar.

 

“Kegiatan ANBK ini dilakukan secara online. Kita berharap hingga selesai nanti berjalan lancar dan tidak ada kendala,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: