Tim Kemenag Monitoring Hari Pertama Pelaksanaan ANBK

Tim Kemenag Monitoring Hari Pertama Pelaksanaan ANBK

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Lambar H. Maryan Hasan, S.Ag., M.Pd.I didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Mukip Zaman, S.Pd.,MM dan Pengawas Madrasah Sunardi, S.Pd, M.Pd.I, melakukan Monitoring Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Madrasah Aliyah bersama Kepala MAN 1 Lambar Ikhsanudin, M.Pd.I, Kaur TU Ikromi, MM. Bertempat di MAN 1 Lamba, Senin (29/8/2022) 

Kepala Kankemenag Lambar Maryan Hasan mengunjungi MAN 1 Lambar untuk memantau hari pertama pelaksanaan ANBK. Dalam Kunjungan itu pihaknya ingin memastikan bahwa pelaksanaan ANBK di masing-masing Madrasah berjalan lancar sesuai prosedur, serta tidak ada kendala dari aspek sarana dan prasarana.

“Seperti kita ketahui bahwa ANBK ini dimulai dari tanggal 29 hingga 30 Agustus. Fasilitas yang digunakan seperti listrik dan penggantian kabel-kabel serta komputer dipastikan siap pakai, sehingga ANBK 2022 Siap untuk dilaksanakan,” ujarnya

Menurut Maryan Hasan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini sangat memudahkan siswa dan penyelenggara, karena tidak seperti dulu lagi yang mana setiap pelaksanaan harus melibatkan beberapa personil dari Kanwil bahkan biasanya didampingi aparat keamanan saat pelaksanaan.

BACA JUGA:Tim Kecamatan Sukau Monitoring dan Evaluasi APBP Tahap Pertama

“Sekarang sudah tidak seperti itu lagi, karena setiap siswa soalnya sudah berbeda dan lebih nyaman dalam mengerjakan, yang terpenting karena ini alat elektronik maka perangkat-perangkat elektronik harus disiapkan,” jelasnya.

Para siswa yang mengikuti ANBK terlihat tenang dan tidak terbebani dengan ujian dengan komputer. 

“Persiapannya belajar saja dengan giat, tetap tenang, dan jangan dibawa panik. Harapan saya untuk ANBK ini semoga mudah ujiannya dan hasilnya bagus," lanjutnya.

Ia berharap supaya pelaksanaan ANBK tingkat Madrasah berjalan lancar, tidak ada kendala, semua siswa dapat mengikuti ujian dengan prestasi yang baik agar dapat membuktikan bahwa Madrasah sesuai dengan jargonnya, yaitu hebat dan bermartabat. 

BACA JUGA:P2KBP3A, LPAI dan Dinsos Kunjungi Keluarga Anak Korban Pencabulan

Karena dengan ANBK siswa lebih percaya diri, tidak ada istilah menyontek karena semua sudah online, kepercayaan diri yang tumbuh, integritas yang kuat, dan kejujuran yang tinggi. Artinya, ANBK ini dapat menjadi hal positif dalam membentuk karakter siswa.

“Saya berharap bahwa ANBK di masing-masing Madrasah bisa berjalan dengan lancar, tidak ada masalah dari sarana dan prasarana. Jadi, pastikan pemeriksaan berjalan sesuai prosedur,” pintanya.

 

Untuk diketahui, ANBK merupakan program nasional yang telah menyeluruh. Dengan demikian, ANBK akan memacu madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang kesemuanya dirancang melalui perbaikan kualitas belajar mengajar.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: