Astagfirullah! Ratusan Mahasiswa Kena HIV

Astagfirullah! Ratusan Mahasiswa Kena HIV

Ilustrasi HIV -Shutterstock/mikeforemniakowski-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 414 mahasiswa di Bandung teridentifikasi positif HIV. Jumlah tersebut setara dengan 6,97 persen dari total kasus. 

Dikutip detikJabar, Ketua Sekretariat Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Bandung Silvia Dewi mengatakan bahwa penyakit ini banyak dialami kelompok usia produktif.

"Paling banyak itu usia 20-29 tahun, persentasenya 44,84 persen, usia produktif banget," ujarnya. 

HIV sendiri merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika tidak diobati, virus ini akan berkembang menjadi AIDS (acquired immunodeficiency syndrome).

BACA JUGA:Sejak Zaman Dulu, Warga Terisolir Ditandu Saat Berobat Keluar Pekon

Gejala atau tanda-tanda awal HIV dikenal sebagai sindrom retroviral akut. Biasanya, gejala yang muncul mirip seperti saat seseorang terkena flu.

Gejala awal HIV umumnya akan berkembang dalam 2 sampai 4 minggu setelah penularan. 

Tetapi, beberapa orang mungkin tidak akan mengalami gejala awal setelah mereka tertular virus tersebut.

Gejala penyakit ini akan hilang dalam waktu yang cukup lama, sekitar 10 hingga 15 tahun. 

BACA JUGA:BBM 303

Tetapi, ini bukan berarti virusnya sudah hilang, sebab HIV termasuk kondisi kesehatan yang harus mendapat perawatan dengan baik.

Gejala awal HIV yang kerap muncul, yakni sakit kepala, demam, kelelahan atau kelelahan, nyeri sendi, kehilangan selera makan, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, ruam, nyeri otot dan sendi, sariawan di mulut, borok pada alat kelamin, keringat malam, diare, rasa tidak enak badan, nyeri otot dan mual.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: