Rencana Pengembangan Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Pesbar Koordinasi ke BKIPM-KKP

Rencana Pengembangan Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Pesbar Koordinasi ke BKIPM-KKP

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan kunjungan ke Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Laut (BKIPM) pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jumat (26/8).

Kunjungan itu, selain berkoordinasi mengenai pengembangan perikanan di Pesbar juga menindaklanjuti usulan pembangunan dermaga perikanan, Unit Pengolahan Ikan (UPI), dan pembangunan Cold Storage ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesbar, Armen Qodar, S.P., M.M., mengatakan, dalam kunjungan itu dihadiri Dirjen KKP. 

Sementara itu, dari hasil kunjungan tersebut bahwa mengenai pengembangan perikanan tangkap seperti yang telah diusulkan itu telah masuk dalam Musrenbang Nasional tahun anggaran 2023 mendatang.

BACA JUGA:Antar Warga Sakit Dengan Ditandu, Masyarakat di Wilayah Terisolir Kembali Telan Pil Pahit

“Semua usulan untuk pengembangan perikanan tangkap di Pesbar ini telah disampaikan ke pusat, dan dari pusat melalui BKIPM KKP juga cukup merespon untuk Kabupaten Pesbar,” katanya.

Meski begitu, kata dia, mudah-mudahan semua usulan yang telah disampaikan itu bisa terealisasi, karena dari KKP juga akan menyesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada di pusat. 

Dengan adanya rencana pengembangan perikanan tangkap tersebut, tentu akan sangat berdampak terhadap masyarakat nelayan maupun masyarakat yang ada di Pesbar ini.

“Karena kedepan akan terintegrasi, terlebih rencana pengembangan perikanan tangkap itu juga akan berkaitan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” jelasnya.

BACA JUGA:Selain Jalan, Pemprov Bakal Bangun Drainase di Jalur Penghubung Talangpadang-Gedungsurian

Dijelaskannya, tidak menutup kemungkinan jika rencana pengembangan perikanan tangkap itu terealisasi, maka akan ada pesawat kargo atau pesawat yang mengangkut barang yang akan beroperasi di Pesbar ini. 

Terlebih di Pesbar juga telah memiliki Bandar udara. Sehingga hal itu jelas akan mendukung dalam pengembangan perikanan tangkap di Pesbar ini.

 

“Kabupaten Pesbar memiliki banyak potensi perikanan tangkap, karena memang merupakan salah satu potensi unggulan termasuk potensi Pariwisata. Sehingga kedepan mudah-mudahan potensi itu akan berkembang sesuai harapan Pemkab Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: