Sekretariat DPRD Way Kanan Launching Ruang Publik

Sekretariat DPRD Way Kanan Launching Ruang Publik

Sekretaris DPRD Way Kanan Yusron Lutfi (kanan) didampingi Anggota Komisi III DPRD Way Kanan Abu Rizal Setiawan (kiri) saat launching Ruang Publik pada Kamis 25 Agustus 2022--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seiring dengan usianya yang semakin Dewasa, (23 tahun red), Kabupaten Way Kanan terus berbenah dengan melakukan berbagai Inovasi sebagai bentuk kesiapan memberikan pelayanan pada masyarakat.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Sekretariat DPRD Way Kanan, yang hari ini melaunching Ruang Media Center, Ruang  Konsultasi, Ruang Laktasi, Ruang Ramah Anak dan Ruang baca atau Perpustakaan Mini.

“Untuk Ruang UMKM dan konsultasi ini merupakan area Publik yang ada di Kantor DPRD Way Kanan dalam satu lokasi dengan memenuhi  unsur standar pelayanan yang terdiri dari ruang Konsultasi, ruang Media Center, ruang Perpustakaan Mini, Ruang Ramah Anak, Ruang laktasi, dan Galeri UMKM yang Free Wifi, dengan tujuan kami dapat memberikan pelayanan serta dapat dirasakan secara langsung pada masyarakat  dalam rangka peningkatan standar pelayanan Publik,” ujar Sekretaris DPRD Way Kanan, Yusron Lutfi, SH, MM.

”Selain itu, apa yang kami lakukan ini sebagai bentuk perbaikan dalam percepatan pelayanan khususnya kepada Pimpinan dan Anggota DPRd Way Kanan, yang terus berupaya dan berkomitmen memberikan kemudahan pelayanan bagi stakeholder  dan masyarakat, dengan harapan inovasi ini dapat dinikmati langsung oleh Pimpinan, dan Anggota DPRD Way Kanan, serta masyarakat Way Kanan umumnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:Antisipasi Lakalantas, Polsek Pesisir Tengah Tertibkan Pick Up yang Membawa Siswa Sekolah

Menurut Yusron, Ruang Konsultasi bermanfaat untuk wadah masyarakat menyampaikan aspirasi, sekaligus sebagai representasi komitmen DPRD Way Kanan dalam tugasnya menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan dan pembangunan dan pelayanan Publik.

Sedangkan Ruang Media center diharapkan menjadi sentral Informasi untuk semua kinerja DPRD Way Kanan terutama dalam fungsi pengawasan yang masih kurang optimal akibat belum terkelolanya pengaduan masyarakat ke DPRD sebagai salah satu Input fungsi pengawasan.

Dengan adanya media center ini semua masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya secara langsung atau tidak langsung, karena ruangan ini dilengkapi dengan Manajemen pengaduan dan aspirasi masyarakat berbasis Online dan Offline.

Sedangkan keberadaan perpustakaan Mini menurut  Yusron, sengaja di hadirkan di Sekretariat DPRD Way Kanan dengan tujuan sebagai upaya penguatan literasi masyarakat.

BACA JUGA:Peratin Mekarjaya Arahkan KPM BLT-DD Belanjakan Uang di Seputar Pekon

Dimana saat hadir di Gedung Rakyat ini masyarakat dapat memanfaatkan ruangan ini untuk mengetahui dan mencari berita berita berkualitas termasuk dengan produk produk hukum yang telah dihasilkan oleh DPRD Way Kanan secara langsung

Terlebih ruangan ini dilengkapi pula dengan berbagai hasil produksi daerah baik berupa hasil hasil terampil masyarakat Way Kanan yang tergabung dalam UMKM berupa kerajinan tangan, peternakan, dan berbagai hasil home Industri lainnya

“Kami siapkan pula ruang laktasi, ruang bermain anak yang juga dilengkapi dengan galeri UMKM, yang semuanya hasil produksi dalam negeri Way Kanan, karena tujuan kita juga sekaligus dapat membantu kawan kawan UMKM untuk memasarkan produk mereka, dan Wifi kita siapkan 24 jam,” beber Yusron Lutfi.

Terpisah, Ketua DPRD Way Kanan Nikman Karim, SH, menyambut baik Inovasi yang dilakukan oleh Kesekretariatan DPRD Way Kanan, dimana nantinya diharapkan semuanya dapat membantu kinerja Anggota DPRD Way Kanan dalam melayani masyarakat.

BACA JUGA:Pancasalah Laksamana

“Apapun yang dilakukan oleh Sekretariat tentu akan kami dukung sepenuhnya, apalagi saya lihat semua ini bertujuan membantu tugas-tugas kami, dengan demikian nantinya masyarakat yang akan menjumpai kami tidak lagi harus bingung karena sudah ada ruangan sekaligus petugas yang akan membantu mengarahkan, termasuk mungkin bagi ibu ibu yang membawa balita sudah pula diberikan ruangan khusus,” tegas Nikman Karim.

Terpisah Abu Rizal Setiawan, SH, Anggota DPRD Way Kanan yang ikut langsung dalam launching Ruangan Publik (RUPUK), memberikan apresiasi yang tinggi pada sekretariat DPRD Way Kanan yang melakukan inovasi RUPUK tersebut, hanya saja Abu berharap pegawai yang ditempatkan nanti benar benar yang berkompeten dan mengerti tupoksinya sehingga tidak mengecewakan masyarakat Way Kanan.

“Luar Biasa ini, menurut saya lengkap, kawan kawan Wartawan dan masyarakat dapat memanfaatkan ini dengan baik, apalagi ada Wifinya, yang pasti sangat bermanfaat, dan kami juga akan menggunakan fasilitas ini sebaik mungkin,” tegas Anggota Fraksi PKB Way Kanan tersebut.(sah/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: