Kembali Meningkat, 265 WNA Sambangi Pesbar

Kembali Meningkat, 265 WNA Sambangi Pesbar

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat hingga Juni 2022 lalu tercatat 265 orang Warga Negara Asing (WNA) masuk dan menetap di kabupaten setempat.

Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, M. Choirul Anwar, S. Ip., mendampingi Kepala Kesbangpol Pesbar, Syahrial Abadi, S.Sos., mengatakan jumlah WNA yang datang ke Pesbar hingga pertengahan tahun  lalu cukup banyak bahkan mencapai ratusan orang.

“Tahun ini kembali terjadi peningkatan jumlah WNA yang datang ke Kabupaten Pesbar, kedatangan para WNA itu dengan berbagai keperluan, mulai dari yang memiliki izin menetap, wisata dan melaksanakan usaha,” kata dia.

Dijelaskannya, tercatat 265 orang WNA yang terdata masuk ke Kabupaten Pesbar itu berasal dari 23 negara seperti Asia, Eropa, Amerika dan Australia, bahkan ada WNA yang mengantongi izin tinggal.

BACA JUGA:Begini Kronologis Meninggalnya WNA Spanyol di Bukit Selalaw

“Berdasarkan data yang kita miliki sebanyak tujuh WNA memiliki izin tinggal, delapan WNA melaksanakan usaha dan 250 WNA melaksanakan kunjungan wisata,” jelasnya.

Ditambahkannya, kembali meningkatnya jumlah kunjungan WNA di Kabupaten Pesbar dipengaruhi oleh sejumlah faktor salah satunya kembali dibukanya jalur wisata luar negeri oleh pemerintah pusat.

“Akibat pandemi Covid-19, jumlah kunjungan WNA mengalami penurunan yang cukup signifikan, namun tahun ini seiring dengan meredanya wabah Covid-19 kunjungan WNA kembali ramai,” terangnya.

Menurutnya, sejumlah wilayah yang sering dikunjungi WNA seperti di wilayah Kecamatan Pesisir Tengah, Krui Selatan dan Pesisir Selatan. Sementara, WNA yang datang berasal dari Negara Australia, Amerika Serikat, Malaysia, Perancis, Inggris Jepang dan dari berbagai negara lainnya.

“Selama Dua tahun terakhir berdasarkan data yang kita himpun WNA banyak datang ke Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Selatan dan Krui Selatan, ketiga kecamatan itu merupakan daerah yang memiliki banyak penginapan,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: