Dinas Perikanan Usulkan Kalaju di Pesbar

Dinas Perikanan Usulkan Kalaju di Pesbar

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) akan mengusulkan pembangunan Kampung Nelayan Maju (Kalaju) sebagai salah satu program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap.

Kepala Dinas Perikanan Pesbar, Armen Qodar, S.P, M.M., mengatakan, di wilayah Kabupaten Pesbar terdapat beberapa lokasi yang akan diusulkan ke KKP untuk program Kalaju itu, seperti di wilayah perkampungan nelayan di Siging Pekon Pardasuka Kecamatan Ngaras, perkampungan nelayan di pelabuhan Kota Jawa, Kecamatan Bangkunat, dan wilayah perumahan nelayan di Kuala Stabas, Kecamatan Pesisir Tengah, termasuk di wilayah kecamatan Pesisir Utara dan Lemong.

“Tapi, untuk sementara ini yang difokuskan yakni di wilayah pantai Siging Kecamatan Ngaras, dengan harapan kedepan jika terealisasi bisa jadi percontohan di Kabupaten Pesbar ini,” katanya, Rabu (24/8).

Dijelaskannya, sebagai tindaklanjut terkait dengan usulan program Kalaju di Pesbar itu, Dinas Perikanan setempat juga dalam waktu dekat akan langsung berkoordinasi ke KKP. Sehingga, diharapkan program Kalaju itu dapat terealisasi di tahun anggaran 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Kerap Memangsa Ternak Ayam, Petugas Damkar Tangkap Ular Sanca

Mengingat, program dari KKP itu juga sudah cukup lama berjalan. Program Kalaju dari KKP itu dalam upaya memaksimalkan terkait dengan kebutuhan nelayan, kendala nelayan, pembinaan, peralatan tangkap dan sebagainya.

“Selain itu juga untuk mewujudkan kampung nelayan yang tertata, maju, bersih, sehat dan tidak terkesan kumuh. Serta mampu meningkatkan produktivitas usaha nelayan. Sehingga diharapkan kedepan program Kalaju itu bisa berdampak terhadap nelayan itu sendiri,” jelasnya.

Masih kata dia, jika di Pesbar terdapat program pembangunan Kalaju, tentu akan menjadi perhatian khusus Pemerintah Pusat dalam hal ini KKP, karena itu merupakan program pusat yang harus benar-benar dikembangkan, salah satunya bertujuan untuk kesejahteraan nelayan, seperti di Kabupaten Pesbar.

 

“Setelah koordinasi ke KKP, mudah-mudahan sudah ada kesimpulannya. Karena usulan ada Kalaju di Pesbar ini menjadi harapan kita untuk nelayan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: