Jalan Menuju Pemangku Sulung Tertimbun Longsor

Jalan Menuju Pemangku Sulung Tertimbun Longsor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Bencana tebing longsor terjadi di ruas jalan utama menuju Pemangku Sulung, Pekon Tapaksiring, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat Rabu (24/8/2022) dini hari. 

Meski volume longsor tidak terlalu besar, namun sebagian akses jalan menuju wilayah tersebut terganggu. 

Peratin Tapaksiring Samsul Hidayah membenarkan kejadian tersebut, menurutnya bencana itu dipicu akibat tingginya intensitas hujan yang melanda di wilayah tersebut sejak beberapa hari terakhir. 

“Kejadiannya kemungkinan dini hari tadi, material longsor menutup hampir sebagian badan jalan, volumenya tidak terlalu besar sehingga masih bisa dilewati oleh kendaraan roda empat dan tadi masyarakat sudah selesai melaksanakan gotong royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan,” ujarnya.

BACA JUGA:Pulang dari Jamnas, Melin Disambut Antusias Saat Tiba di Sekolahnya

Atas peristiwa itu pihaknya mengimbau masyarakat khususnya pengguna jalan di wilayah tersebut agar berhati-hati mengingat jalur tersebut memang rawan terjadi longsor karena merupakan wilayah perbukitan dengan kontur tanah yang labil.

“Kita minta masyarakat agar waspada, karena jalur ini sering terjadi longsor selain kondisi tanah berbukit ditambah struktur tanah yang labil membuat wilayah tersebut rawan longsor,” pesannya.

Menanggapi itu, Camat Sukau Andy Cahyadi juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada di tengah kondisi cuaca ekstrim yang berlangsung saat ini, warga khususnya pengguna jalan diimbau agar tetap terhadap potensi bencana longsor dan pohon tumbang.

“Ditengah kondisi cuaca saat ini diperlukan kewaspadaan bersama, satgas penanggulangan bencana di setiap pekon harus selalu siap agar apabila sewaktu-waktu terjadi bencana dapat segera berkoordinasi dengan BPBD sehingga mendapat penanganan cepat,” pintanya.(edi/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: