TPPS Pesbar Gelar FGD Antar OPD Terkait Stunting

TPPS Pesbar Gelar FGD Antar OPD Terkait Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tim Percepatan Penurunan Stunting(TPPS) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar Forum Group Discussion (FGD) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pesbar yang menjadi pelaksana kegiatan kinerja dalam percepatan penurunan stunting Kabupaten Pesbar itu dipusatkan di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Pesbar, Selasa (23/8).

Hadir dalam kesempatan itu, kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pesbar selaku Sekretaris TPPS Pesbar, dr. Budi Wiyono, M.H., Kepala Bappelitbangda Pesbar, Syaifullah, S.Pi., sejumlah perwakilan masing-masing OPD di lingkungan Pemkab setempat, dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, dr. Budi Wiyono, mengaku kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan rutin dalam upaya pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesbar. Karena itu, perlu dukungan dari OPD, dan semua sektor serta pihak terkait lainnya.

“FGD ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi TPPS tingkat Kabupaten Pesbar bersama mitra kerja dalam rangka penguatan percepatan penurunan stunting,” katanya.

BACA JUGA:Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Lambar Direalokasi

Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan konvergensi untuk percepatan penurunan stunting. Mengidentifikasi tantangan dan kendala dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting. Kemudian, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Untuk itu, mudah-mudahan kegiatan ini juga dapat memiliki hasil yang diharapkan seperti gambaran umum pelaksanaan konvergensi penurunan stunting di Kabupaten Pesbar tahun 2022, dan sebagainya,” jelasnya.

Kemudian, kata dia, juga diharapkan dapat tercapainya program dan kegiatan, memiliki peta tantangan dan hambatan dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting, diperolehnya data dan informasi kebutuhan program kemitraan dan sebagainya. 

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan upaya lainnya dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesbar ini juga telah memiliki satgas stunting.

BACA JUGA:Telkom Indonesia Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data Pelanggan IndiHome

“Satgas stunting itu adalah tim yang dibentuk TPPS untuk melaksanakan fungsi konsultasi, fasilitasi, koordinasi, dan penguatan penyediaan satu data stunting kepada Pemerintah. Sehingga kedepan diharapkan bisa lebih maksimal kembali,” katanya.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Pesbar, Syaifullah, mengharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan FGD tersebut, diharapkan agar semua program intervensi pelaksanaan stunting yang ada di OPD harus semaksimal mungkin menyentuh masyarakat.

 

“Selain itu juga pelaksanaan input delapan aksi ke aplikasi di OPD diharapkan bisa secepatnya melakukan penginputan sesuai  jadwal yang telah ditentukan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: