Detik-detik Proklamasi, Satgas Gajah Berjibaku Blokade Gajah

Detik-detik Proklamasi, Satgas Gajah Berjibaku Blokade Gajah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Anggota Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Konflik Gajah Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh  Kabupaten Lampung Barat, mengikuti detik-detik proklamasi kemerdekaan dan melakukan pengibaran bendera merah putih di dalam hutan kawasan Taman Nasional Bukit Bukit Barisan Selatan (TNBBS), pada Rabu 17 Agustus 2022.

Satgas yang berjumlah 12 orang dan diketuai langsung oleh Sugeng Hari Kinaryo Adi, yang merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lambar, melakukan blokade 18 ekor gajah, ditengah detik-detik proklamasi kemerdekaan.

Menurut Sugeng, pihaknya memutuskan untuk tetap melakukan blokade gajah, mengingat pengalaman di tahun 2021 lalu, dimana pada pada saat hari kemerdekaan kawanan gajah justru merangsek masuk ke perkampungan, tidak ingin itu terulang lagi maka pihaknya memutuskan untuk melakukan blokade.

"Kami ada 12  orang melakukan blokade gajah yang keberadaanya ada di sekitar Peninjauan, Pelok Bumi Hantatai. Karena  jangan sampai seperti tahun lalu, selesai upacara masyarakat dihebohkan karena gajah mendekati permukiman," ungkap Sugeng.

BACA JUGA:Wartawan yang Merdeka

Terlebih, kata Sugeng,  kawanan gajah ini sempat berada sekitar 500 meter saja dari pemukiman warga Talang Upik perbatasan antara Pekon Sukamarga dan Pekon Bumi Hantatai. 

"Kemarin sempat berjarak 500 meter dari pemukiman dan kembali bergeser, sehingga kami melakukan blokade dan saat ini sudah kami giring masuk ke hutan, dan karena cuaca mulai gerimis dan sudah sore, jadi kami memutuskan untuk kembali, dan semoga kawanan gajah tersebut bisa terus menjauh masuk ke hutan rimba," ujarnya.

Kegiatan blokade kawanan gajah tersebut, kata Sugeng, tidak mengurangi khidmat pihaknya dalam mengikuti detik-detik proklamasi bahkan pihaknya juga mengibarkan bendera merah putih, ditengah aktivitas blokade dan penggiringan kawanan gajah.

"Untungnya ada Signal Handphone, jadi kami bisa menyaksikan detik-detik proklamasi di Live Youtuber dan juga mengibarkan bendera merah putih," pungkasnya.(nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: