Gerakan Serentak Pemberian TTD Bagi Pematri di 15 Kecamatan Sukses

Gerakan Serentak Pemberian TTD Bagi Pematri di 15 Kecamatan Sukses

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka pencegahan stunting di Kabupaten Lampung Barat, salah satu intervensi yang dilaksanakan adalah dengan Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi Remaja Putri (Rematri). Pemberian TTD untuk Rematri ini dilaksanakan serentak di 15 kecamatan di kabupaten setempat, yang dimulai sejak 15 hingga 17 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, dalam dalam rangka menyongsong serta memeriahkan HUT RI KE- 77, pihaknya membuat inovasi dengan melakukan gerakan serentak minum TTD untuk Rematri.

”Kegiatannya kami mulai sejak tanggal 15 agustus sampai dengan 17 agustus 2022 di 15 puskesmas dan dalam pelaksanaanya kami berkoordinasi dengan Kementerian Agama, kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah 3, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta camat wilayah setempat,” ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan, seraya menambahkan dari 15  puskesmas yang ada, kata dia, telah menyukseskan program tersebut, 

Dijelaskannya, pemberian TTD dilakukan pada remaja putri mulai dari usia 12-18 tahun di institusi Pendidikan pada jenjang SMP dan SMA sederajat. 

BACA JUGA:Puskesmas Gedungsurian dan Pagardewa Kunjungi SMP Pemberian TTD

"Tujuan pemberian TTD ini selain untuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di sekolah, pemberian tablet tambah darah juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu," ujarnya.

Dimana, kata dia, dengan pemberian TTD pada remaja putri ini untuk mencegah ibu nantinya melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR).

 

Terusnya, dengan minum TTD secara rutin, diharapkan mampu mengurangi potensi anemia anak anak remaja dan lahirnya bayi dalam keadaan stunting dari para ibu nantinya, sehingga terciptanya generasi muda yang sehat dan cerdas yang punya daya saing di tingkat global. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: