Pemkab Pesbar Promosikan Produk UMKM Melalui Festival UMKM

Pemkab Pesbar Promosikan Produk UMKM Melalui Festival UMKM

--

PESBAR, MEDIAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menggelar festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sekaligus peresmian gedung sentra kerajinan tapis yang dilaksanakan di halaman gedung sentra kerajinan tapis, Kecamatan Waykrui pada Sabtu (13/8). 

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Pesbar Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Ketua Dekranasda Pesbar Hj. Septi Istiqlal., Plt. Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Dra. Jon Edwar, M. Pd., Kadiskopdag Siswandi, S. Kom, M.H., sejumlah kepala OPD, dan puluhan pelaku UMKM di kabupaten setempat.

Dalam kesempatan itu Wabup Zulqoini Syarif, menyampaikan kegiatan festival UMKM krui yang diselenggarakan tersebut mengusung tema “UMKM Krui Go Digital“ yang merupakan salah satu upaya Pemkab Pesbar untuk memfasilitasi pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya kepada masyarakat.

"Kita berharap seiring dengan perkembangan teknologi yang ada di tengah-tengah kita saat ini, para pelaku UMKM mampu memasarkan produknya baik secara lokal maupun nasional, baik secara konvensional maupun secara digital guna meningkatkan penjualan di tengah persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif," kata dia.

BACA JUGA:SMSI Lakukan Audiensi dengan Dewan Pers

Lanjutnya, dirinya mengajak pelaku UMKM agar senantiasa meningkatkan kualitas produk dengan menonjolkan nilai tambah yang memiliki keunggulan komparatif sehingga produk yang dimiliki bisa bersaing di pasar konsumen.

"Pemkab Pesbar mengapresiasi dengan terselenggaranya Festival UMKM Krui yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan bersama dengan beberapa instansi pendukung," jelasnya.

Ditambahkannya, melalui dana alokasi khusus (DAK) Pemkab Pesbar telah membangun Sentra Industri Tapis, sebagai upaya membangun sebuah wadah untuk dapat menampung segala kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan produk dan kompetensi pelaku Usaha Tapis khususnya dan pelaku UMKM lainnya pada umumnya.

"Keberadaan Sentra Industri Tapis ini diharapkan dapat menunjang kegiatan promosi produk UMKM sekaligus sebagai sarana peningkatan kompetensi perajin melalui fasilitas yang sudah disediakan pada gedung promosi dan gedung produksi pada Sentra Industri Tapis," tutupnya.

BACA JUGA:Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Banjarsari Swadaya Perbaiki Gorong-Gorong

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Dekranasda Pesbar Hj. Septi Istiqlal menyampaikan Tujuan Festival UMKM Krui merupakan Sarana silaturahmi para pelaku UMKM sekaligus memasarkan produk unggulannya kepada masyarakat luas.

"Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menstimulus kegiatan pemasaran UMKM agar senantiasa eksis sehingga dapat mengikuti perkembangan pasar," ungkapnya.

Dirinya berharap, seluruh UMKM di Pesbar dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga dapat berdampak pada perekonomian para pelaku UMKM di kabupaten setempat.

 

"Kita harap pelaku UMKM dapat mengembangkan produknya, sehingga bisa bersaing dengan produk-produk lainnya hingga ke pasar Nasional," pungkasnya. (ygi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: