Disdikbud Pesbar Raih Penghargaan Terbaik I Provinsi Lampung

Disdikbud Pesbar Raih Penghargaan Terbaik I Provinsi Lampung

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), meraih penghargaan pengelolaan Program Indonesia Pintar (PIP) terbaik I Provinsi Lampung, dalam pelaksanaan PIP pendidikan dasar dan menengah, jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Pendidikan Kesetaraan tahun anggaran 2021.

Penghargaan itu diberikan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada kegiatan rapat koordinasi, sinkronisasi, dan validasi data PIP jenjang pendidikan dasar tahun 2022 di Hotel Aston Bandung, 2-5 Agustus 2022 lalu.

Kadisdikbud Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., melalui Kabid Dikdas Paud dan PNFI, Erik Putra AR, S.Pd., mengatakan, penghargaan yang diberikan oleh Kemendikbudristek melalui Puslapdik itu merupakan salah satu apresiasi dari pusat terhadap Pemkab setempat. Sehingga harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

“Diharapkan dengan diraihnya penghargaan terbaik I Provinsi Lampung juga bisa memicu semangat, agar kedepan Disdikbud Pesbar bisa terus bekerja dengan lebih baik lagi,” katanya, Selasa 9 Agustus 2022.

BACA JUGA:Implementasi Kabupaten Literasi, Peratin Tribudisyukur Kembangkan Rumah Belajar Warga

Dijelaskannya, penghargaan dari Kemendikbudristek itu tentunya dipilih berdasarkan penilaian menggunakan beberapa indikator.

Seperti indikator kinerja pengelolaan, ketepatan sasaran, kualitas penerima dan pembinaan serta pelaporan, dan indikator lainnya. 

Dengan diraihnya keberhasilan itu juga tidak terlepas berkat kerja keras semua pihak, dalam rangka menjamin peserta didik usia sekolah untuk mendapatkan pembiayaan pendidikan, pelayanan pendidikan dan prestasi belajar yang maksimal.

“Selain itu juga yang terpenting yakni jangan sampai ada anak usia sekolah di Kabupaten Pesbar ini putus sekolah, salah satunya karena faktor biaya. Untuk itu, mudah-mudahan PIP yang diprioritaskan pemerintah pusat itu bisa terus berjalan,” jelasnya.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Luncurkan KPB Award Desember 2022

Masih kata dia, PIP merupakan salah satu program dari Presiden RI yang diluncurkan beberapa tahun lalu. 

Pengelolaan PIP untuk di Pesbar ini tentunya melalui berbagai tahapan usulan dan sebagainya, sampai dengan penetapan peserta didik yang mendapat PIP sesuai dengan kriteria yang berlaku.

 

“Dengan diraihnya penghargaan terbaik I se-Provinsi Lampung terkait dengan pengelolaan PIP di tahun 2021 itu jelas suatu kebanggaan bagi Pemkab setempat,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: