Bidang Ketahanan Pangan Pekon Mutaralam Kembangkan Ternak Kambing Penggemukan

Bidang Ketahanan Pangan Pekon Mutaralam Kembangkan Ternak Kambing Penggemukan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Mutaralam, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, menyalurkan bantuan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) bidang Ketahanan Pangan ternak penggemukan kambing kepada warga yang tergabung dalam kelompok peternak.

Dari pantauan awak media ini, bantuan bidang ketahanan pangan yang dianggarkan 20% pihak pekon bukan hanya salurkan  ternak kambing tapi sediakan pembangunan kandang dan mesin cacah pakan serta sarana pendukung lainnya.

Peratin Mutaralam Sutro Hamid menyampaikan program ketahanan pangan untuk ternak kambing penggemukan itu, merupakan item bidang hewani, dan untuk nabatinya yakni penanaman padi.

"Bidang hewani kami anggarkan pembelian dua puluh ekor lambung, dan pembangunan kandang serta pengadaan mesin cacah rumput untuk pakan dan alat pendukung seperti drum," terang pihaknya.

BACA JUGA:Bahas Pilkades Serentak, Komisi 1 DPRD Lamtim Gelar RDP

Masih kata Sutro dipilihnya usaha penggemukan kambing, agar perputaran usaha lebih maksimal dimana ditargetkan per-enam bulan kambing di over dan beli lagi, begitu juga seterusnya hingga terus berkembang dan bergulir.

"Dalam usaha penggemukan kambing tersebut dalam perolehan laba keuntungan akan ada kontribusi untuk pekon, sehingga diharapkan kedepannya mampu menyumbang Pendapatan Asli Pekon (PAD)," tegas Sutro. 

Pada kesempatan itu pihaknya mengharapkan anggota kelompok peternak betul-betul menekuni usaha tersebut dengan harapan menjadi usaha baru dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat. 

Sekedar diketahui peternakan kambing yang dikembangkan tersebut jenis PE Etawa, dan kandang yang dibangun memenuhi standar usaha peternakan yang memiliki tinggi sekitar 75 centimeter dari tanah. Dengan material bangunan berbahan kayu. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: