Kasus PMK Nihil, 650 Ternak di Tanggamus Divaksin Booster

Kasus PMK Nihil, 650 Ternak di Tanggamus Divaksin Booster

TANGGAMUS, MEDIALAMPUN.CO.ID - Hingga saat ini Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Tanggamus telah memberikan vaksin booster terhadap 650 hewan ternak, dan 3.400 dosis untuk vaksin hewan ternak dosis pertama. 

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan hewan (Keswan) drh Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Kabupaten Tanggamus Dhani Reza Efriansyah, Senin 08 Agustus 2022.

Diterangkannya, tim Keswan saat ini masih terus melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak. Kali ini giat vaksinasi di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Semaka. 

Meliputi Kecamatan Wonosobo, Bandar Negeri Semuong, Semaka dan Kecamatan Pematang Sawa, terang drh Ari Priyanto. 

BACA JUGA:Pendapatan Daerah Pesbar Tahun 2023 Diproyeksi sebesar Rp809,475 Miliar

Ia juga menambahkan hingga saat ini Alhamdulillah, belum ada hewan ternak di kabupaten Tanggamus yang terindikasi terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), ungkap drh. Ari Priyanto. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus mulai melakukan vaksinasi PMK dosis kedua atau booster untuk ternak di wilayah kerja Puskeswan Kotaagung, Senin 1 Agustus 2022.

Vaksinasi PMK dosis kedua atau booster meliputi Kecamatan Gisting, Kotaagung, Kotaagung Barat dan Kecamatan Kotaagung Timur. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto mengatakan, vaksinasi ternak mencapai 1.000 dosis. 

BACA JUGA:Truk Muatan Material Bangunan Milik TVRI Terbalik di Tanjakan Hamtebiu

Selanjutnya 500 dosis untuk vaksin pertama hewan ternak di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Semaka. 

”Meliputi Wonosobo, Bandar Negeri Semuong, Semaka dan Kecamatan Pematang Sawa,” kata drh. Ari Priyanto. 

Diterangkan, dari giat vaksinasi hingga saat ini, hewan ternak yang telah divaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) berjumlah 3.000 ekor.

”Terdiri dari ternak sapi sebanyak 2.922 ekor dan kerbau sebanyak 78 ekor,” ujarnya.

BACA JUGA:Mendung Udan

Sebagaimana diberitakan, hingga Selasa 26 Juli 2022, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus terus melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK). 

 

Seperti di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Bulok yang meliputi Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat. (ehl/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: