Warga Keluhkan Banyak Lampu PJU Mati di Jalur Dua Bandara

Warga Keluhkan Banyak Lampu PJU Mati di Jalur Dua Bandara

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Masyarakat Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengeluhkan kondisi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan jalur dua Bandara M.Taufiq Kiemas, yang sudah tidak berfungsi kembali. Sehingga saat malam hari di sepanjang ruas jalur dua Bandara tersebut gelap.

Agus Fatulloh, warga setempat mengatakan, kondisi di sepanjang jalur dua Bandara M.Taufiq Kiemas ini saat malam hari memang gelap dan tidak ada satupun lampu penerangan jalan umum di sepanjang jalur dua ini yang berfungsi. Sebagian besar sudah banyak yang rusak, dan tidak berfungsi. Rata-rata merupakan lampu PJU solar cell atau tenaga surya.

“Meski banyak berdiri lampu PJU solar cell, tapi itu tidak berfungsi lagi. Sehingga kondisi ini jelas dikeluhkan warga setempat. Terutama pengendara yang melintas di wilayah ini,” katanya, Minggu (7/8).

Ditambahkannya, selain dikeluhkan pengendara terutama pengendara sepeda motor, juga dikeluhkan warga karena dengan kondisi di sepanjang jalan itu gelap karena lampu PJU yang ada tidak berfungsi, dikhawatirkan dijadikan tempat anak-anak remaja nongkrong untuk melakukan kegiatan-kegiatan negatif.

BACA JUGA:BPJN Bangun Resapan Biopori Atasi Banjir di Jalan Nasional Pekon Kembahang

Terlebih, pihaknya juga kerap melihat sepasang remaja yang nongkrong di sepanjang pinggiran jalan jalur dua bandara ini.

“Bahkan, ada juga yang minum-minuman keras. Karena itu kondisi ini tersebut tentu sangat dikeluhkan masyarakat. Sehingga diharapkan agar lampu PJU yang ada dapat diperbaiki oleh Pemerintah,” jelasnya.

Peratin Pekon Seray, Ahmad Sumardi, membenarkan bahwa, sepanjang jalur dua Bandara itu memang cukup gelap saat malam hari karena lampu PJU yang ada di sepanjang ruas jalan jalur dua Bandara tersebut sudah tidak berfungsi dan banyak yang padam. 

Sehingga dikeluhkan masyarakat, terlebih di sepanjang jalur dua itu juga sepi pemukiman penduduk, karena memang melintasi lahan persawahan warga dan juga perkebunan. Dengan begitu tentu dikhawatirkan menjadi tempat untuk kegiatan negatif.

BACA JUGA:Jalan Penghubung Pekon Ujung-Heniarong Rusak Parah

“Karena itu kita minta agar pihak-pihak terkait dapat memperbaiki lampu PJU yang rusak itu, sehingga saat malam hari sepanjang jalur dua Bandara itu bisa kembali terang benderang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesbar, Nurman Hakim, melalui Sekretaris Rukzawarni, S.Ip., mengatakan, seluruh lampu PJU yang ada di Bandara M.Taufiq Kiemas, termasuk di sepanjang jalur dua menuju Bandara itu bukan kewenangan dari Dishub Pesbar. 

Pihaknya juga masih akan berkoordinasi dengan Provinsi mengenai lampu PJU itu, apakah kewenangan Provinsi atau Pusat.

“Yang jelas, kalau lampu PJU itu menjadi kewenangan Dishub Kabupaten, tentunya Dishub Pesbar akan memperbaikinya,” singkatnya.(yan/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: