DP2KBP3A Lambar Gelar Pelatihan PPRG

DP2KBP3A Lambar Gelar Pelatihan PPRG

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.C.O.ID - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat menggelar pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Yang Responsif Gender (PPRG), Kamis 4 Agustus 2022.

Acara yang dilaksanakan di Aula Bappeda tersebut dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Adi Utama, Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (KJP & KK) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Lampung Reni Maysari, S.E,.M.M, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Lambar M.Danang Harisuseno, S.Ag, M.H., para Kasubbag Perencanaan  dan Pejabat Fungsional Perencanaan OPD se Kabupaten Lambar.

Kepala DP2KBP3A Danang Harisuseno dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan Pejabat Fungsional Perencanaan dan Kasubbag Perencanaan tentang gender dan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG).

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut, lanjut Danang untuk meningkatkan pengetahuan pejabat fungsional perencanaan dan Kasubbag Perencanaan tentang pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui pelatihan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG) dan penyusunan Gender Analysis  Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS).

BACA JUGA:Kasus Pembunuhan AP Terungkap, Pelakunya Ternyata Kawanan Anak Dibawah Umur

"Gender adalah perbedaan perbedaan perilaku, status, tanggungjawab, fungsi perilaku laki laki dan perempuan yang merupakan konstruksi (rekayasa)," ungkap Danang.

Sementara sambutan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Adi Utama mengatakan, bahwa strategi pengarusutamaan gender diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat, baik laki laki maupun perempuan bisa terlihat dalam proses pembangunan sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat  untuk semua.

"Saudara saudara akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat pada acara ini karena saudara akan menerima materi terkait bagaimana perencanaan dan penganggaran yang responsif gender," katanya.

 

Dilain pihak, Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (KJP & KK) Dinas P3A Provinsi Lampung Reni Maysari, S.E., M.M, memberikan materi terkait perencanaan penganggaran yang responsif gender dan analisis gender. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: