Hingga Hari Kedua, 21 Warga Daftar Pelatihan Kelas Barista

Hingga Hari Kedua, 21 Warga Daftar Pelatihan Kelas Barista

Kabid Perkebunan Disbunnak Lambar Sumarlin, S.P, M.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar mulai Senin hingga Minggu 1-14 Agustus 2022 membuka pendaftaran pelatihan Kelas Barista pada Sekolah Kopi untuk satu kelas berjumlah 15 orang

Hingga hari kedua dibukanya pendaftaran, Selasa 2 Agustus 2022 terdapat 21 orang yang telah mendaftarkan diri, rinciannya 20 orang berasal dari  Lambar dan satu orang dari Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mendaftar secara mandiri.

“Sejauh ini sudah ada 21 orang yang telah mendaftar untuk pelatihan Kelas Barista, rinciannya tujuh orang mendaftar melalui Sekolah Kopi, dan 14 orang mendaftar melalui Disbunnak,” kata Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, S.I.P, Selasa 2 Agustus 2022.

Kata dia, 20 orang pendaftar asal Lambar itu terdiri dari tujuh orang merupakan petani kopi milenial, dua orang owner kedai kopi, serta 11 orang merupakan produsen kopi bubuk.  

BACA JUGA:Pokja Moderasi Beragama Dikukuhkan, Ini Harapan Kepala Kankemenag

“Pendaftar tetap kita inventarisir jika lebih maka akan diutamakan yang memiliki aktivitas penyajian kopi,  kemudian produsen kopi bubuk,  kemudian produsen biji kopi atau pelaku perdagangan kopi bermutu (non komersil),” tegasnya.

Sementara satu orang dari Kabupaten Tubaba mendaftar secara mandiri, karena yang bersangkutan harus menginap dan kuota konsumsi serta kuota bahan praktek harus disiapkan dengan menggunakan biaya sendiri. 

Ia menjelaskan, adapun persyaratannya pendaftaran Pelatihan Kelas Barista yaitu laki-laki/perempuan, usia 20-45 tahun, ber KTP Lampung Barat, mengisi form serta memiliki usaha atau berkecimpung dalam perkopian. Sementara waktu pendaftaran mulai tanggal 1-14 Agustus 2022.  

“Waktu pelaksanaan pelatihan Kelas Barista selama dua hari yaitu tanggal 23-24 Agustus dan biayanya gratis.  Sedangkan bagi peserta yang mendaftar secara mandiri untuk biaya ditanggung oleh peserta,” kata dia 

Seraya menambahkan,  Pelatihan Kelas Barista ini mempelajari tentang proses pembuatan kopi dari awal sampai akhir, tipe-tipe kopi, teknik pembuatan kopi, pengelolaan peralatan kopi serta lainnya. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: