1.100 Ternak Sapi di Lambar Telah Divaksin PMK

1.100 Ternak Sapi di Lambar Telah Divaksin PMK

Vaksinasi PMK--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar hingga Jumat 29 Juli 2022 telah berhasil melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap 1.100 ekor ternak sapi milik peternak yang tersebar di seluruh kecamatan di kabupaten setempat.

Sebanyak 1.100 ekor ternak tersebut yang telah divaksin PMK dosis pertama, rinciannya tahap I sebanyak 800 ekor dan tahap II sebanyak 300 ekor.

"Untuk vaksin tahap II sebanyak 300 dosis telah selesai kita laksanakan kemarin, Kamis (28/7)," kata Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, Jumat 29 Juli 2022.

Alma Arif mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah penyebarluasan PMK pada ternak di Kabupaten Lambar. 

BACA JUGA:Bupati Lambar Apresiasi Prestasi Trimulyo Raih Runner Up Lomba Desa Tingkat Provinsi

"Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan akan meningkatkan kekebalan tubuh ternak sehingga tidak rentan terserang penyakit," tegasnya.

Seraya menambahkan, petugas Disbunnak terjun langsung kelapangan menemui kelompok peternak yang sapinya belum pernah divaksin PMK. 

Disinggung soal vaksin dosis kedua. Ia mengungkapkan sejauh ini untuk vaksinasi PMK dosis kedua belum bisa dipastikan kapan pelaksanaannya karena masih menunggu ketersediaan vaksin. 

"Sejauh ini di wilayah Lampung Barat belum ditemukan adanya ternak yang terserang PMK, dan mudah-mudahan tidak ada," pungkas dia. (lus/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: