Program Aspirasi, Sudin Bagikan 200 Ribu Bibit Kopi Untuk Lambar

Program Aspirasi, Sudin Bagikan 200 Ribu Bibit Kopi Untuk Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Melihat bahwa umur tanaman perkebunan kopi di Kabupaten Lampung barat (Lambar) yang saat ini sudah cukup tua berkisar Tiga Puluh Lima (35) atau telah butuh peremajaan. 

Tahun ini Kabupaten Lambar yang merupakan salah satu wilayah penghasil kopi robusta terbesar di NKRI, akan menerima bantuan bibit tanaman kopi unggul sebanyak 200.000 batang dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPPT) Medan, yang merupakan program aspirasi Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E.

Ditegaskan Sudin dengan kondisi usia batang kopi yang sudah tua tersebut tentu berdampak pada hasil yang berkurang karena tidak produktif.

Maka solusi utamanya adalah dengan melakukan sulaman dengan menanam bibit baru memanfaatkan bibit yang berkualitas. 

BACA JUGA:Hari Ketiga, Pencarian Dua Nelayan Bangkunat Yang Hilang Dipusatkan di Titik LKP

Lanjut dia berdasarkan laporan dan hasil pengecekan lokasi, dasar program peremajaan tanaman kopi tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menstabilkan serta meningkatkan produksi kopi, karena sampai saat ini masih ada lahan perkebunan kopi yang belum dilakukan peremajaan sementara kondisi tanamannya sudah tua.

Dimana bantuan bibit kopi ini untuk memotivasi petani khususnya yang tanaman kopinya sudah tua agar dilakukan pergantian.  

Sebelumnya disampaikan Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P., mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, S.I.P, Kamis 28 Juli 2022. 

Tahun ini BBPPTP Medan akan mengalokasikan bantuan bibit tanaman kopi sebanyak 200.000 batang untuk 18 kelompok tani (Poktan) di Lambar.

BACA JUGA:Rencana Bangun Kampung Kerukunan, FKUB Lambar Audiensi Dengan Bupati

Dijelaskannya, ada 18 Poktan yang akan mendapatkan program peremajaan tanaman kopi, yaitu Poktan Mandiri, Poktan Setia Karya 2, Poktan Sodo Lestari, Poktan Karya Wisma, Poktan Tani Makmur, Poktan Sumber Mandiri, Poktan Terpadu, Poktan Arawang Kuning, Poktan Sinar Harapan, Poktan Sejahtera, Poktan Mekar Jaya 1, dan Poktan Harapan Jaya, serta Rekso Jati  (Kecamatan Gedungsurian).

 

Lalu Poktan Mulya Lestari, Poktan Manunggal Jaya, Poktan Sari Karya, Poktan Margo Jaya (Kecamatan Waytenong) serta Poktan Rya Tani Mandiri (Kecamatan Airhitam). (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: