Ratusan Ternak Sapi di Lambar Divaksin PMK

Ratusan Ternak Sapi di Lambar Divaksin PMK

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar mulai Senin 25 Juli lalu melaksanakan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kedua untuk dosis pertama.

“Awalnya kita mendapatkan alokasi vaksin PMK dosis I sebanyak 800 vaksin, kemudian kita kembali mendapatkan tambahan vaksin dosis I sebanyak 300 vaksin. Jadi petugas kita mulai Senin (25/7) melaksanakan vaksinasi PMK di sejumlah kecamatan,” ungkap Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, S.I.P, Rabu 27 Juli 2022.

Dikatakannya, dari jumlah vaksin yang kedua dosis I sebanyak 300 vaksin itu, hingga Selasa 26 Juli telah terealisasi 106 vaksin di wilayah Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh, dan pada Rabu 27 Juli pelaksanaan vaksinasi PMK digelar di wilayah Kecamatan Lumbokseminung dan Pagardewa.

“Petugas kita menyasar sapi milik kelompok peternak yang belum pernah divaksin PMK sekaligus kita juga melakukan pendataan jumlah ternak sapi di Kabupaten Lambar pada tahun 2022,” kata dia

 

Lanjut Yudha, kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mencegah penyebarluasan PMK pada ternak. 

Dengan adanya vaksinasi ini maka akan meningkatkan kekebalan tubuh ternak sehingga tidak rentan terserang penyakit. 

“Alhamdulillah sampai saat ini wilayah Lampung Barat belum ditemukan adanya ternak yang terserang PMK,” tegasnya. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: