Dinas PMP Distribusikan Surat Suara Pilratin

Dinas PMP Distribusikan Surat Suara Pilratin

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mendistribusikan surat suara ke 68 pekon yang tersebar di 11 kecamatan di kabupaten setempat, pelaksana pemilihan peratin (Pilratin) serentak tahun 2022.

Plt. Kabid Kelembagaan dan Pemerintahan Pekon Hendri Setiawan, S.T., mendampingi Plt. Kadis PMP Pesbar M. Nursin Chandra, M.M., mengatakan dalam mendistribusikan surat suara tersebut panitia terbagi dalam dua tim hal itu agar penyaluran surat suara selesai tepat waktu.

“Kita ada dua tim untuk ke masing-masing kecamatan, tim satu mulai dari Kecamatan Pesisir Tengah hingga Kecamatan Lemong, tim dua mulai dari Kecamatan Krui Selatan hingga Kecamatan Bangkunat,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pendistribusian surat suara tersebut, terdapat dua wilayah yang telah terlebih dahulu menerima surat suara bersamaan dengan logistik lainnya, yakni Kecamatan Pulau Pisang dan Wilayah Way Haru di Kecamatan Bangkunat.

BACA JUGA:Pilratin Serentak di Pesbar, Nasib 221 Calon Peratin Ditentukan Besok

“Pendistribusian surat suara lebih awal kita lakukan di kecamatan pulau pisang, karena mempertimbangkan kondisi cuaca apalagi harus melalui jalur laut, begitu juga dengan wilayah Way Haru, jarak dan medan yang sulit membuat surat suara dan logistik harus sampai lebih awal,” jelasnya.

Lanjutnya, pendistribusian surat suara itu diserahkan ke masing-masing kecamatan, selanjutya panitia kecamatan yang menjemput surat suara ke tempat penyimpanan dan mendapatkan pengawalan dari petugas keamanan. 

“Agar surat suara itu aman, maka ada petugas yang siaga, hal itu untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi surat suara itu salah satu hal yang penting dan sifatnya rahasia dalam pemilihan langsung,” ujarnya.

Menurutnya, total surat suara yang didistribusikan tersebut sebanyak 69.308 lembar, dengan rincian 67.615 lembar surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 1.693 lembar sebagai surat suara cadangan.

 

“Kami harap pelaksanaan pilratin serentak tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai, semua masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan TPS masing-masing,” pungkasnya. (ygi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: