Lampung Barat Lokpri Rencana DAK Penugasan UMKM 2023

Lampung Barat Lokpri Rencana DAK Penugasan UMKM 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Barat, menjadi Lokasi Prioritas (Lokpri) rencana Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahun 2023 mendatang. 

Hal tersebut, terungkap pada Ngupi Bebakhong yang dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Drs. Nukman MS, MM., bertempat di Aula Kagungan Sekretariat Pemkab Lambar, Senin 25 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar Tri Umaryani mengungkapkan, berdasarkan hasil informasi yang telah di koordinasikan dengan kementerian Koperasi bahwa pada tahun 2023 mendatang dari Lokpri rencana DAK fisik penugasan UMKM ada sebanyak 75 lokasi telah di verifikasi tetapi hanya sebanyak 35 Kabupaten Kota yang terpilih.

"Alhamdulillah untuk Kabupaten Lampung Barat masuk dalam 35 rencana alokasi tersebut," ungkap Tri Umaryani.

BACA JUGA:Soal Perbaikan Jalinbar, Warga Minta Polisi Turun Tangan

Dijelaskan, sehubungan dengan kegiatan alokasi DAK fisik penugasan UMKM pada tahun 2023 dari Kementerian koperasi khususnya terkait dengan pembangunan layanan usaha terpadu.

"Rencananya pada hari ini, 25 Juli 2022 kementerian koperasi akan melakukan kunjungan ke Lampung Barat sekiranya pak Sekkab berkenan menyambut kedatangan tim kementerian tersebut," ujarnya. 

Selain itu, Tri Umaryani berharap untuk menyambut kedatangan kementerian koperasi selain Sekda, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) dan Pertanahan agar dapat bersama-sama mendukung program tersebut agar dapat berjalan dengan lancar.

"Selanjutnya untuk menuju kelapangan agar sekiranya berkenan dari Bappeda, Bpkd dan pertanahan, karena ini menyangkut lahan serta memastikan program ini menjadi prioritas dari Kabupaten Kota yang terpilih," kata dia.

BACA JUGA:Sat-Binmas Polres Lambar Beri Penyuluhan Narkoba di Kalangan Pelajar

Ia menambahkan, berdasarkan informasi dari kementerian bahwa pada tahun sebelumnya hanya terpilih sejumlah 20 Kabupaten kota se-Indonesia. 

"Kemungkinan dari 35 Kabupaten yang terpilih akan diseleksi ulang sehingga nanti akan menjadi 20 atau batas kemampuan keuangan pusat," imbuhnya.

Sementara Sekkab Nukman MS menyambut baik mengenai kabar tersebut, ia berharap agar seluruh kepala perangkat daerah dapat membantu dan bekerja sama agar program tersebut berjalan dengan lancar. 

"Mengenai teknis penyambutan terhadap Kementerian Koperasi yang akan hadir pada siang hari ini, nanti kita akan bahas lebih jelas lagi setelah kegiatan Ngupi Bebakhong ini selesai," pungkasnya. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: