Stok Alkon Implan di Lambar Kosong

Stok Alkon Implan di Lambar Kosong

Kabid KB dan KS DP2KBP3A Lambar Heli Puspitawati, S.E.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Minat masyarakat Kabupaten Lambar untuk menggunakan alat kontrasepsi (alkon) berupa implan cukup tinggi.

Hal ini berimbas terhadap ketersediaan stok di Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) yang saat ini mengalami kekosongan. 

“Stok alat kontrasepsi untuk implan saat ini sedang kosong, sedangkan untuk kondom, pil dan IUD stoknya aman,” ungkap Kabid KB dan KS Heli Puspitawati, S.E., mendampingi Kepala DP2KBP3A Lambar M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, Jumat 22 Juli 2022. 

Heli memaparkan, stok alkon implan kosong dikarenakan pihaknya baru melaksanakan pelayanan dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022, serta minat masyarakat cukup tinggi menggunakan Alkon implan. 

BACA JUGA:Senam Sehat Puskesmas Sumberjaya di Puncak Rest Area Dipadati Peserta

Lanjut dia, banyaknya masyarakat yang menggunakan Alkon implan dikarenakan MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang) yaitu waktunya 3-5 tahun sehingga tidak harus setiap hari KB seperti pil dan tiap bulan seperti suntik. 

“Selain itu aman untuk tubuh,” kata dia. 

Terkait kosongnya alat kontrasepsi implan ini, Heli mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan penambahan stok kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung. 

“Kita telah mengusulkan sebanyak 500,” ujar dia.

Lebih jauh dia mengatakan, stok Alkon hingga Jumat 22 Juli 2022 di gudang DP2KBP3A yaitu kondom 65 gros, pil kombinasi 35 dus, pil menyusui 21 dus, serta IUD 281 batang.

“Mudah-mudahan untuk alat kontrasepsi yang kita ajukan untuk penambahan diharapkan dapat direalisasikan oleh BKKBN provinsi,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: