Menginjak Usia ke-30, IPM Lambar Meningkat 0,3 Poin

Menginjak Usia ke-30, IPM Lambar Meningkat 0,3 Poin

Medialampung.co.id - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi salah satu tolak ukur kemajuan daerah. Menginjak usia yang ke-30 peningkatan IPM Kabupaten Lampung Barat masih dalam kategori sedang.

Hal tersebut disampaikan bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, pada saat sidang paripurna istimewa HUT Lambar ke-30 di ruang sidang Marghasana DPRD setempat, Kamis (23/9). 

Menurutnya, implementasi terhadap Pitu Program telah berdampak langsung terhadap beberapa Indikator makro di Lampung Barat, antara lain IPM. Pada tahun 2020 capaian IPM di Lampung Barat adalah 67,80 poin, capaian tersebut meningkat sebesar 0,3 point dibandingkan tahun 2019 sebesar 67,50 poin. 

"Angka IPM Lampung Barat masih masuk dalam kategori sedang. Namun, kita semua merasakan dengan adanya pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan di sektor Ekonomi," ungkap Parosil. 

Dikatakannya, pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Lampung Barat mengalami kontraksi sebesar -1,14%, turun signifikan dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya yang mencapai 5,20%. 

"Kontraksi ekonomi pada tahun 2020 dikarenakan pengaruh dari melemahnya sepuluh sektor lapangan usaha mengalami kontraksi yang dalam. Sedangkan 

untuk sektor pertanian kehutanan dan perikanan yang merupakan salah satu pilar utama dalam mendukung keberhasilan pembangunan di Lampung Barat hanya tumbuh sebesar 0,020 persen," bebernya. 

Sedangkan untuk tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada tahun 2020 sebesar 2,13% atau sebesar 4.053 jiwa. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar 1,66% maka jumlah pengangguran di Lampung Barat mengalami kenaikan sebesar 0,47%.

"Kita semua menyadari tahun 2020 adalah masa yang sulit akibat pandemi covid-19. Tentunya tantangan tersebut tidak dapat diselesaikan sendiri, sehingga Saya mengajak kepada seluruh Elemen Masyarakat dan segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat dapat bekerjasama dengan Pemerintah untuk mengatasi hal ini secara bersama-sama," pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: