Program Ketahanan Pangan, Kodim 0424 Manfaatkan Lahan Tidur

Program Ketahanan Pangan, Kodim 0424 Manfaatkan Lahan Tidur

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Lahan tidur milik Kodim 0424 di komplek perkantoran Pemkab Pringsewu ditanami Jagung oleh petani.

Tak hanya itu Koramil, yang ada di Kabupaten Pringsewu dan Tanggamus juga dikerahkan untuk memanfaatkan lahan kurang produktif di wilayahnya.

Saat ini setidaknya ada 11 titik yang akan diberdayakan untuk mendukung ketahanan pangan tersebut.

"Ada 11 titik pemanfaatan lahan kosong ,yakni 6 titik di Pringsewu dan 5 titik di Tanggamus," terang Dandim 0424 Letkol Arm Mica Aruan. 

BACA JUGA:Bisik-bisik Keras

Untuk 6 titik di Pringsewu rinciannya, menurut alumni Akmil tersebut, 1 titik lahan Makodim dan 5 titik di Makoramil. 

Sedangkan di wilayah Tanggamus tersebar di 5 titik di 5 Koramil. 

"Total luasnya 11 hektar, untuk selanjutnya atau tahap berikutnya akan kita kerjasamakan dengan Pemda," tambah Letkol Mica Aruan. 

Khusus untuk Pemkab Pringsewu lanjutnya saat ini sedang menginventarisir lahan lahan tidur di wilayahnya. 

BACA JUGA:Tindaklanjuti Perintah Kasad, Kodim KBL Manfaatkan Lahan Tidur untuk Tanam Jagung

Bila sudah terinventarisir akan di kolaborasikan pemanfaatannya dengan Kodim.

"Hal ini sudah saya koordinasikan dengan Pak Pj Bupati Pringsewu," tambahnya.

Benih jagung yang akan ditanam diserahkan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah didampingi Dandim 0424 Letkol Arm. Micha Arruan kepada perwakilan petani setempat. 

Dilanjutkan dengan penanaman bersama benih jagung oleh Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Dandim 0424 Letkol Arm. Micha Arruan dan Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi. 

BACA JUGA:Terkait Dugaan Penganiayaan RF, Polda Lampung Lakukan Pra Rekonstruksi

Turut menyaksikan Ketua Pengadilan Agama Kelas II Pringsewu Ridwan Harahap, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pringsewu Maria Irmina, Kepala Kejaksaan Negeri Pringsewu, anggota DPRD Pringsewu Sudiono serta jajaran pemerintah daerah beserta para Camat dan Danramil se-Kabupaten Pringsewu.

Sementara itu Pemanfaatan lahan yang tidak produktif tersebut sebagai upaya untuk dapat menghasilkan bahan pangan guna mendukung program ketahanan pangan.

Pj bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan lahan-lahan yang tidak produktif atau lahan tidur dapat dimanfaatkan untuk ditanami berbagai jenis tanaman pangan. Hal ini sebagaimana arahan Presiden RI. 

BACA JUGA:STMIK Pringsewu dan STIE Lamtim Naik Status

"Sekaligus sebagai upaya untuk mendukung program ketahanan pangan," ungkapnya. 

Difasilitasi oleh Kepala Staf TNI-AD, kegiatan tersebut sudah dimulai di Kabupaten Pringsewu bersama jajaran Kodim 0424 dengan memanfaatkan lahan milik Kodim di komplek perkantoran Pemkab Pringsewu.

Pemkab Pringsewu menurut Adi Erlansyah juga menyiapkan lahan-lahan yang tidak produktif yang ada di pekon-pekon dan kecamatan-kecamatan untuk dapat diproduktifkan. 

 

"Selain benih tanaman jagung, bisa juga dengan benih singkong atau yang lainnya. Sebab, pada prinsipnya yang terpenting adalah lahan-lahan tidur tersebut bisa dimanfaatkan untuk program ketahanan pangan," ajaknya.(sag/mlo) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: