221 Calon Peratin di Pesbar Ikuti Deklarasi Damai

221 Calon Peratin di Pesbar Ikuti Deklarasi Damai

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Pesisir Barat (Pesbar), menggelar kegiatan deklarasi damai pemilihan peratin (Pilratin) serentak Kabupaten Pesbar tahun 2022 yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, Senin 18 Juli.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hi. Audi Marpi, S.Pd, M.M., Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik., Kepala DPMP Pesbar, M.Nursin Chandra, S.Pd, M.M., Danramil 422-03/Pesisir Tengah, Kapten Inf.Asyadi, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, seluruh calon Peratin serta pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Audi Marpi, menyampaikan pelaksanaan deklarasi damai yang diikuti oleh seluruh calon Peratin atau sebanyak 221 calon yang berasal dari 68 Pekon di 11 Kecamatan yang akan menyelenggarakan Pilratin serentak 2022, ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif dalam keseluruhan proses Pilratin serentak.

“Hal itu juga bertujuan untuk menciptakan pesta demokrasi di tingkat Pekon yang kondusif, aman dan damai serta terlaksanakan dengan sukses,” katanya.

BACA JUGA:388 Guru Non Sertifikasi Terima Tambahan Penghasilan

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan kepada seluruh calon Peratin agar dapat mematuhi segala aturan terkait dengan pemilihan Peratin sesuai peraturan yang sudah disampaikan.

Selain itu, setiap calon peratin juga diimbau untuk dapat menyampaikan rumusan visi dan misi yang diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan riil yang dihadapi oleh masyarakat pekon.

“Visi dan misi calon peratin yang akan disampaikan harus menggambarkan berbagai program prioritas yang akan dilaksanakan, seperti program air bersih, rumah layak huni, atau juga drainase dan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, semua calon yang maju dalam Pilratin di Pesbar ini juga harus memiliki niat yang sama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. 

BACA JUGA:Kepergian Bambang Terlalu Cepat, Dahlin Datang “Mutiara Yang Pulang”

Mengingat pandemi Covid-19 belum selesai, tentu Pemkab juga tetap berharap agar protokol kesehatan tetap ditegakkan, seperti dalam masa kampanye maupun lainnya.

“Pemkab Pesbar juga mengharapkan agar hubungan kekerabatan yang berbasis pada nilai-nilai adat tetap dijaga dalam keseluruhan proses Pilratin serentak yang akan dilaksanakan 27 Juli 2022 nanti,” kata Audi.

BACA JUGA:Obat Batuk untuk 'Ngefly', Satu Bandar dan 18 Remaja Diamankan

Sementara itu, Kapolres AKBP Heri Sugeng Priyantho, menyampaikan bahwa untuk menjadi pemimpin yang baik harus diawali dengan perbuatan yang baik pula. 

Calon Peratin diharapkan tetap menjaga suasana kondusif bersama simpatisan agar pesta demokrasi ini berjalan lancar dan damai. Pihaknya berharap apa yang dideklarasikan ini sama-sama dijaga.

“Mulai saat ini saya tidak mau ada kejadian yang tidak di ingin dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Pesbar, jika ada yang mencoba untuk membuat onar dan kerusuhan dalam pesta demokrasi ini, tidak segan-segan saya bersama rekan TNI akan menindak tegas”, pungkasnya.(yan/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: