Monev APBP, Tim Kecamatan Cek Penanganan Jalan Longsor di Pekon Luas

Monev APBP, Tim Kecamatan Cek Penanganan Jalan Longsor di Pekon Luas

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam agenda monitoring Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) tim Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melakukan pengecekan penanganan longsor di Jalan usaha tani sekaligus akses utama menuju pemangku 1 Way Susuk, Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis, Senin 18 Juli 2022.

Di kesempatan itu, Camat Batuketulis Sri Handayani didampingi sejumlah pejabat kecamatan mengecek langsung upaya penanganan sementara yang telah dilakukan pemerintah pekon dengan mengoptimalkan alokasi dana desa tahap pertama.

“Jadi upaya penanggulangan sementara sudah dilakukan oleh pekon dengan melakukan penimbunan, memasang talud penahan tanah serta menancapkan bambu untuk mencegah pergerakan tanah. Termasuk merapikan badan jalan,” kata Sri.

Pihaknya mengapresiasi langkah cepat dari pemerintah pekon dalam menanggulangi longsor tersebut, meskipun sifatnya sementara namun ia berharap upaya itu berhasil untuk  mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

BACA JUGA:Seluruh Satuan Pendidikan di Lambar Mulai Berlakukan PTM 100 Persen

“Terimakasih atas respon cepat dari pemerintah pekon ini dan secara teknis apa yang dilakukan ini sudah sesuai dengan petunjuk yang sebelumnya kami berikan, mudah-mudahan upaya ini maksimal sehingga tidak terjadi longsor susulan,” harapnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya bencana longsor itu terjadi pada maret 2020 lalu. 

Ditengah cuaca cuaca ekstrim mengakibatkan tebing setinggi 20 meter dengan panjang sekitar 25 meter mengalami longsor akibat saluran drainase di lokasi tidak mampu menampung debit air hingga meluap dan menggerus tebing hingga mengancam putusnya badan jalan yang berada diatas tebing. 

 

Sementara jalan tersebut merupakan akses utama menuju pemangku 1 way susuk dan merupakan jalan usaha tani yang banyak diakses oleh masyarakat setempat. (edi/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: