Keracunan Usai Riungan, 49 Warga Dilarikan ke Puskesmas Roworejo

Keracunan Usai Riungan, 49 Warga Dilarikan ke Puskesmas Roworejo

ilustrasi--

PESAWARAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Diduga akibat keracunan makanan, puluhan warga Desa Lumbirejo, Kecamatan Negerikaton, Pesawaran dilarikan ke Puskesmas Roworejo.

Puluhan warga tersebut diduga keracunan usai menyantap mie ayam dalam acara riungan (pengajian) di salah satu rumah warga setempat. 

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Roworejo Eni Widyawati mengatakan, kejadian tersebut bermula saat sekitar 49 jamaah pengajian menyantap hidangan dalam acara riungan pada Jumat 15 Juli 2022.

"Ada sekitar 49 jamaah pengajian menyantap hidangan yang disediakan oleh tuan rumah yang terdiri dari mie ayam dan asinan," ungkap Eni mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran, Media Aprilana, Minggu 17 Juli 2022

BACA JUGA:Freeport Jiipe

Dikatakannya, ada beberapa peserta yang tidak menyantap hidangan di tempat, namun dibawa pulang ke rumah dan kemudian dimakan oleh anggota keluarga yang lain dirumah seperti anak atau suami.

Selanjutnya, pada Sabtu, 16 Juli 2022 sekitar jam 17.00 WIB,  bidan desa mendapatkan laporan dari beberapa warga yang datang untuk berobat ke rumah dengan gejala mual, muntah, Buang Air Besar Cair (diare) serta pusing

"Pada Sabtu sekitar jam 18.00 WIB hampir seluruh peserta pengajian mengalami hal serupa," ucapnya. 

BACA JUGA:Kebocoran Pipa Minyak di Lamtim, Tim Provinsi akan Tinjau Lokasi Terdampak Besok

Diakui Eni, bahwa pihaknya sudah mengambil sampel makanan yang diduga merupakan penyebab keracunan makanan yang terdiri dari Kecap, Saos dan Sisa Mie untuk dikirim ke laboratorium.

Selain itu petugas juga sedang mengupayakan pengambilan sampel feses/tinja dari pasien yang masih mengalami diare.

"Sampai dengan siang tadi, pasien yang dirawat sebanyak 23 orang, dirujuk 9 orang dan diobservasi 13 orang," tandasnya. (*)

 

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Radarlampung.disway.id dengan judul : Puluhan Warga Pesawaran Diduga Keracunan Usai Riungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: