Warga Desak Pemerintah Tangani Jalan Longsor Way Umpu Pagardewa

Warga Desak Pemerintah Tangani Jalan Longsor Way Umpu Pagardewa

Pasangan bronjong yang ambruk di sungai Way Umpu mengancam akses transportasi Pahayu-Pagardewa--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pengguna jalan poros Pahayujaya Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat menuju Basungan mendesak pemerintah melalui dinas terkait secepatnya melakukan perbaikan jalan rusak akibat abrasi Sungai (Way) Umpu di Pekon Pagardewa.

Arif salah satu warga mengungkapkan dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini sangat dikhawatirkan akan lebih cepat memperparah kerusakan, sehingga akan menyebabkan jalur putus total  dan mengancam ambruknya jembatan beton di sampingnya, yang berimbas penggunaan anggaran perbaikan yang lebih besar. 

"Meski badan jalan saat ini sudah tergerus namun tidak terlalu cepat memutus badan jalan sebab material Bronjong yang ambruk masih mampu menahan air. Tapi dikhawatirkan saat air pasang tendangan air lebih besar sehingga longsor lebih cepat," katanya.

Terpisah Peratin Pagardewa Rosdani menyampaikan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar beberapa waktu lalu telah melakukan survey lokasi yang dipimpin langsung oleh Kepala BPBD Padang Prio Utomo, S.H., 

BACA JUGA:Kemenag Pesbar Imbau Pelaku Usaha Ajukan Sertifikasi Halal

Namun dalam keterangan sang kepala bahwasannya pihak BPBD belum dapat melakukan upaya penanganan lantaran terbentur anggaran. 

"Pihak BPBD belum bisa bertindak sebab dikatakan belum ada anggaran," ungkapnya.

Sedangkan Rosdani mengatakan meskipun dilakukan upaya penanganan secara manual oleh warga seperti penimbunan terkesan percuma pasalnya lokasi yang longsor jadi terjangan air sungai. 

"Jangankan tanah atau hanya di cerucuk bronjong saja sudah beberapa kali di bangun dan terakhir awal 2021 dibuat ambruk. Kita hanya berdoa semoga air sungai tetap normal sehingga gerusan bisa berkurang," tandasnya.(r1n/mlo)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: