Jamaah Lamtim Selesaikan Rukun Haji

Jamaah Lamtim Selesaikan Rukun Haji

--

LAMTIM, MEDIALAMPUNG.CO.ID - jamaah haji Kabupaten Lampung Timur telah menyelesaikan semua rukun haji. 

Sebanyak, 296 jamaah haji Lamtim yang tergabung dalam Kloter 13 JKG memulai rukun haji dari Wukuf di Arafah pada tanggal 8 Juli 2022 atau 9 Dzulhijjah. 

Kemudian dilanjutkan dengan bermalam di Muzdalifah dan Mina untuk melempar Jumrah sebanyak 3 kali Ula, Wustho dan Aqobah. 

Pendamping haji daerah Lamtim Ahmad Faozi menjelaskan, jamaah haji Lampung Timur semua mengambil Nafar Awal, yaitu pulang dari bermalam di Mina pada tanggal 12 Dzulhijah. 

BACA JUGA:Siswi SMA N 1 Liwa Tenggelam Saat Mandi di Danau Ranau

"Untuk yang ngambil Nafar Tsani mereka bermalam di Mina 1 malam lagi dan pulangnya pada tanggal 13 Dzulhijjah. Alhamdulillah jamaah Lampung Timur kompak semua mengambil Nafar Awal," jelas Ahmad Faozi.

Dilanjutkan, jamaah haji Lampung Timur pulang dari Mina ke Mekkah pada tanggal 12 Dzulhijah pada pukul 07.30 WAS dengan menggunakan Bus. 

Setelah sampai di hotel mereka istirahat 1 hari sambil menunggu beroperasinya Bus Shalawat yang libur selama puncak haji sampai 5 hari. 

Lebih lanjut dijelaskan, untuk melaksanakan rukun haji yang terakhir yaitu Tawaf Ifadah para Jamaah Haji Lampung Timur bergantian selama 3 hari karena padatnya jamaah yang melaksanakan Tawaf dan Sa'i di Masjidil Haram.

BACA JUGA:Dua Jamaah Haji Asal Lampung Meninggal Dunia di Tanah Suci

Selain itu, dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan jamaah setelah terforsir dari Wukuf hingga lempar Jumrah di Mina.

Masih menurut Ahmad Faozi, ada 25 jamaah dari Kloter 13 JKG yang Tawaf menggunakan kursi roda. Mereka dibimbing dan didampingi oleh pendamping Ibadah haji Kloter 13 JKG. Yaitu, H.Tongat dan Ketua Kloter Hi. Hizbullah Safari serta pendamping haji Lamtim.

"Alhamdulillah jamaah haji yang sakit sudah mulai membaik tinggal menunggu badan benar siap untuk kembali ke tanah air," lanjutnya.

Ditambahkan, rencananya jamaah haji Lamtim akan kembali ke tanah air pada 21 Juli 2022. 

 

"Mudah-mudahan sesuai jadwal dan semua jamaah sehat . Mohon do'anya untuk keluarga yang ada di Lampung Timur. Semoga, jamaah yang sedang berada di Mekkah segera dapat berkumpul kembali dengan keluarga dan mendapat predikat haji yang Mabrur dan Mabruroh," harap Ahmad Faozi. (wid/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: