Koorkab Lambar dan Tim Berikan Pembekalan Percepatan Penyusunan RPJMDes di Airhitam

Koorkab Lambar dan Tim Berikan Pembekalan Percepatan Penyusunan RPJMDes di Airhitam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tiga pekon diantaranya Sumberalam, Semarangjaya dan Sukadamai, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat, mengikuti pembekalan percepatan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) oleh Tim Koordinator Kabupaten (Koorkab) Lambar yang dilaksanakan di Aula Balai Rakyat, Pekon Sumberalam, Kamis (14/7). 

Dalam acara itu dihadiri utusan Kecamatan Airhitam yakni Kasi Pemberdayaan Dadang, Pendamping Desa dan seluruh Pendamping Lokal Desa. Dan Tim Penyusun RPJM Tiga pekon bersama para peratin baru terpilih.

Koorkab Lampung Barat Taswin Farizullah, S.Hi., bersama pendamping desa melakukan pembinaan terhadap tim penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tiga pekon yang awal tahun melaksanakan Pemilihan Peratin dan Mei lalu telah di lantik peratin definitifnya.

Ditegaskan Taswin pembinaan itu dalam rangka percepatan penyusunan RPJMPekon. Karena sesuai ketentuan, maksimal tiga bulan setelah peratin dilantik telah membuat RPJM. 

BACA JUGA:Sukses, Rangkaian KEN FSB ke-8 Ditutup dengan Euforia

Di sebutkan perlunya pembinaan karena dalam regulasinya ada peraturan baru, dimana sebelumnya dalam penyusunan RPJMDes mengacu dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.114/2014. 

Sehingga sehubungan dengan adanya pemisahan Kementerian Desa dengan Kementerian Dalam Negeri. Maka Kemendes mengeluarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) No.21/2020 tentang pedoman umum penyusunan perencanaan desa. Artinya ada sedikit perbedaan dari sebelumnya.

Oleh sebab itu tim kabupaten memberikan pembinaan dengan bersama membedah aturan dan mekanismenya seperti apa dalam penyusunan RPJMDes. 

Dan terkait itu harapan Taswin, karena dalam aturan paling lambat tiga bulan setelah dilantik pekon harus menyusun RPJMDes dan Visi Misi Peratin, Pandangan Umum LHP, penggalian gagasan. Dengan waktu yang saat ini sudah mepet maka diharapkan semua penggarapan agak maksimal. 

BACA JUGA:Dua Jamaah Haji Asal Lampung Meninggal Dunia di Tanah Suci

Sementara dalam sambutan peratin terpilih Pekon Sumberalam Husain, menyampaikan terimakasih kepada tim koorkab dan pendamping desa, maupun lokal desa dalam bimbingan tersebut. 

Dimana pembinaan seperti RPJM itu sangat penting untuk masa depan selama satu periode pekon, yang mana dalam program adanya tiga tahapan yakni Jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Yang setiap tahunnya akan dikemas dalam Rencana Kerja Pekon baru diformulasi menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP).

 

"Dalam penyusunan RPJM ini kita melaksanakan sesuai ketentuan, melalui penyerapan dari bawah lewat Musyawarah Dusun (Musdus) yang kemudian akan dibulatkan dalam Musdes, sehingga apa yang menjadi prioritas dalam RPJM betul-betul sesuai kebutuhan masyarakat," tandas peratin tiga periode tersebut. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: