Lambar Satu dari Empat Kabupaten Tercepat Salurkan BLT-DD Tahap I

Lambar Satu dari Empat Kabupaten Tercepat Salurkan BLT-DD Tahap I

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Barat, menjadi satu dari empat kabupaten di Provinsi Lampung yang telah 100 persen menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk tahap I. Tiga kabupaten lainnya yakni Tulang Bawang, Lampung Tengah dan Tulang Bawang Barat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lambar Ronggur L Tobing, SIP., mengungkapkan, pencapaian tersebut tidak  terlepas dari kerja keras antara semua pihak yang  telah bersama-sama antara jajaran pemerintah pekon, kecamatan, LHP hingga relawan Covid-19 di tingkat pekon.

”Kita bersyukur, Lampung Barat menjadi satu dari empat kabupaten di Lampung yang telah menyalurkan 100 persen untuk BLT-DD tahap I (bulan April), dengan  jumlah penerima sebanyak 14.338 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pekon yang kini sudah menyalurkan BLT-DD untuk tahap II (bulan Mei) dimana saat ini sudah ada sebelas pekon yang sudah menyalurkan.

”Untuk penerima BLT-DD rinciannya yakni masuk DTKS Belum dapat JPS (jaring pengaman sosial) 258 KPM, Belum Terdata 13.518 KPM, Kehilangan Mata Pencaharian 311 KPM, dan Punya Penyakit Menahun/Kronis sebanyak 251 orang,” jelasnya.

Terusnya, untuk total pagu BLT-DD untuk 14.338 KPM yang disiapkan untuk tiga bulan, April, Mei dan Juni yakni sebesar Rp25.808.400.000,- masing-masing KPM  akan menerima Rp600 ribu/bulan tanpa potongan. Untuk metode penyalurannya dilakukan secara cash kepada penerima.

”Semoga penyaluran di bulan-bulan selanjutnya bisa tetap berjalan lancar tanpa kendala, dan kami mengimbau kepada pekon-pekon untuk segera memproses pencairan Dana Desa tahap kedua, dan apabila terdapat kendala agar bisa berkoordinasi dengan pendamping, camat atau kepada Dinas PMD,” ujarnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: