Kurangi Penggunaan Plastik, Masjid Al-Hidayah Manfaatkan Besek Bambu

Kurangi Penggunaan Plastik, Masjid Al-Hidayah Manfaatkan Besek Bambu

--

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Panitia kurban masjid Al-Hidayah, Pemangku Lioh Buntor, Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memiliki cara tersendiri dalam mengurangi penggunaan plastik saat pemotongan hewan kurban pada hari raya idul adha 1443 Hijriyah tahun 2022.

Dalam pengemasan daging kurban yang akan dibagikan, panitia kurban mengganti wadah plastik menggunakan besek bambu, hal itu sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di tengah masyarakat.

Ketua Panitia kurban Masjid Al-Hidayah Haidir, mengatakan sesuai dengan surat edaran pemerintah Kabupaten Pesbar nomor : 660.1/1960/IV.10/2022 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik maka panitia menyiapkan besek bambu sebagai ganti plastik.

“Besek bambu yang kita siapkan sudah beserta dengan penutupnya, sehingga lebih aman. Selain itu kita juga menambahkan syiar pendek di wadah itu sebagai pengingat bagi penerima,” kata dia.

BACA JUGA:Suasana Haru Selimuti Kunjungan Keluarga WBP di Rutan Krui

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan kurban tahun ini Masjid Al-Hidayah menyembelih tiga ekor sapi dan lima ekor kambing, dari jumlah tersebut pihaknya menyiapkan 360 paket daging kurban untuk dibagikan kepada penerima.

“Dari 360 paket itu sebanyak 120 akan kita serahkan kepada pengurban sebanyak 26 orang, dan sebanyak 240 paket akan dibagikan ke masyarakat yang telah diberikan kupon sebelumnya,” jelasnya.

Dikatakannya, daging kurban itu akan dibagikan kepada masyarakat penerima mulai dari pengurban, masyarakat lioh buntor dengan kategori khusus, warga luar yang beraktivitas rutin di dalam lingkungan lioh buntor.

“Warga luar Lioh Buntor dengan kategori kurang mampu berdasarkan data yang dihimpun, para ustadz yang pernah melakukan syiar islam, para tukang yang membantu pembangunan masjid Al-Hidayah, warga non muslim yang berkelakuan baik dan melakukan sosialisasi serta panitia pelaksana pemotongan hewan kurban,” terangnya.

BACA JUGA:Idul Adha, Aparatur Pekon Tribudi Makmur Kurban Sapi

Pihaknya berharap, dengan adanya aktivitas pemotongan hewan kurban itu dapat menjadi salah satu aktivitas syiar islam masjid Al-Hidayah ke masyarakat.

“Kami harap syiar islam melalui masjid Al-Hidayah dapat semakin meningkat dan dampak baiknya dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga masjid akan semakin makmur,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: