Musim Tanam Gadu, DKPP Pastikan Stok Pupuk Aman

Musim Tanam Gadu, DKPP Pastikan Stok Pupuk Aman

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan selama musim tanam gadu yang berlangsung pada April hingga September mendatang ketersediaan pupuk subsidi di kabupaten setempat masih aman.

Kadis KPP Pesbar, Unzir, S.P., mengatakan tahun ini terdapat penurunan jumlah kuota pupuk subsidi dari pemerintah pusat, jika melihat serapan pupuk subsidi pada musim tanam sebelumnya, kuota pupuk subsidi masih aman dan tetap memenuhi kebutuhan petani.

“Memang ada pengurangan kuota pupuk subsidi tahun ini, tapi, jika melihat pasokan yang ada sekarang kita pastikan mampu memenuhi kebutuhan petani selama musim tanam gadu ini,” kata dia.

Dijelaskannya, total alokasi pupuk bersubsidi tahun ini terdapat 9.406 ton dari pemerintah pusat. Jumlah itu berdasarkan dengan kuota dari lima jenis pupuk subsidi yang diterima setiap tahunnya. Dari jumlah itu  telah terserap rata-rata 50 persen setiap jenis pupuknya.

BACA JUGA:Sejumlah Ruas Jalan Diperbaiki Tahun Ini

“Ada 9.406 ton pupuk itu terbagi dalam lima jenis pupuk bersubsidi seperti pupuk urea totalnya 4.010 ton, pupuk SP-36 total 59 ton, ZA total 18 ton, NPK total 4.687 ton serta pupuk organik sebanyak 632 ton,” jelasnya.

Sementara itu, terkait kuota pupuk subsidi setelah musim tanam gadu mendatang, pihaknya akan melakukan pendataan lagi, jika saat memasuki musim tanam rendeng pada Oktober ketersediaan pupuk subsidi sudah menipis maka pihaknya akan mengajukan penambahan ke pemerintah Provinsi.

 

“Kita akan lihat lagi kuota pupuk subsidi yang tersedia, jika jumlahnya tidak memungkinkan untuk  musim tanam rendeng maka akan kita upayakan penambahan ke pemerintah provinsi, biasanya ada pengalihan alokasi dari kabupaten lain,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: