Bronjong Kembali Ambruk Akses Pahayu-Pagardewa Terancam Putus Total

Bronjong Kembali Ambruk Akses Pahayu-Pagardewa Terancam Putus Total

--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Lagi-lagi akses transportasi, jalan poros Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menuju pusat pemerintahan kecamatan terancam putus. Lantaran longsor yang terjadi awal 2021 dan langsung diberikan penanganan Bronjong kembali amblas.

Dan saat ini tingkat kerusakan telah memakan hampir separo badan jalan dan cukup membahayakan jika tidak berhati-hati saat melintas khususnya kendaraan roda empat (mobil).

Arif Rohman warga setempat yang juga berprofesi sebagai pendamping lokal desa mengatakan, ambruknya lagi Bronjong yang ditanam lebih kurang satu tahun lalu, karena lokasi itu jadi terjangan  aliran sungai Way Umpu. Karena itu kata dia perlu pembangunan yang berkualitas agar dapat bertahan lama

"Kalau material batu sudah ambrol pul maka tidak perlu menunggu waktu lama jalan akan putus tergerus sampai putus," jelasnya.

BACA JUGA:Akibat Korsleting Listrik, Satu Rumah di Pekon Hujung Ludes Terbakar

Terpisah Peratin Pagardewa Rosdani, berharap Pemkab Lambar kembali melakukan perbaikan sebagaimana langkah cepat saat kejadian pertama. Sebagai upaya mencegah kerusakan bertambah parah yang akan berdampak pengeluaran biaya yang lebih besar.

"Kondisi jalan longsor memang sudah cukup mengkhawatirkan tapi masyarakat tetap melintas karena itu merupakan jalan satu-satunya, walaupun ada jalur lain memutar lewat Pekon Sindangpagar tembus ke Pekon Margajaya," ujarnya

Rosdani juga berharap nantinya saat diberikan perbaikan diberikan perencanaan yang lebih matang sehingga bangunan bronjong atau jenis lainnya bertahan lama.

 

“Saat ini kerusakan mengancam ambruknya jembatan beton, yang telah menyentuh pondasi bangunan,” imbuhnya. (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: