Polhut, TNI dan Polri Gelar Patroli Bersama di TNBBS

Polhut, TNI dan Polri Gelar Patroli Bersama di TNBBS

Medialampung.co.id - Polisi Kehutanan (Polhut) Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) Bidang Wilayah II Liwa dan Resort Suoh, bersama Pol-Subsektor Suoh, dan Koramil Batubrak, melakukan patroli bersama di wilayah TNBBS, Jumat (26/3).

Ketua Tim Patroli bersama Sadatin mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya patroli ke wilayah TNBBS tersebut, yakni dalam rangka pengawasan sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat penggarap agar tidak melakukan pembukaan lahan baru.

”Kami melakukan patrol dari satu talang ke talang lainnya, kami menemui masyarakat penggarap agar mereka tidak membuka lahan baru, baik berupa belukar maupun yang masih berupa rimba,” ungkap Sadatin, yang juga tampak dalam rombongan Kapol-subsektor Suoh Ipda. Abu Bakar, dan Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan satwa di dalam TNBBS baik itu dilindungi maupun yang tidak dilindungi, baik menggunakan senjata api maupun alat jerat tradisional berupa jerat.

”Apalagi sampai melakukan pembalakan liar atau illegal logging di dalam kawasan Taman Nasional, apabila itu dilakukan maka tentunya akan diproses sebagaimana hukum yang berlaku,” tegas Sadatin.

Selanjutnya, pihaknya juga menekankan kepada masyarakat penggarap jika melihat atau mengetahui adanya tindak pidana atau pelanggaran terhadap kawasan hutan seperti illegal logging, perburuan, perambahan baru agar segera melapor kepada petugas.

”Jadi masyarakat penggarap juga kami harapkan bisa menjaga hutan, kalau ada aktifitas baru seperti perambahan, perburuan dan aktivitas yang dilarang lainnya agar segera melapor kepada petugas, dan tentunya untuk keamanan dan kenyamanan identitas pelapor akan dirahasiakan,” pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: