Jembatan, Jalan dan Irigasi Prioritas RKP Pekon Tapaksiring 

Jembatan, Jalan dan Irigasi Prioritas RKP Pekon Tapaksiring 

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Tapaksiring, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat menetapkan tiga prioritas pembangunan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) Pekon tahun 2022 mendatang. 

Pembangunan yang meliputi jembatan, jalan dan irigasi serta beberapa kegiatan lainnya itu ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah rencana pembangunan (musrenbang)  yang digelar di balai pekon setempat, Kamis (16/9).

Peratin Pekon Tapaksiring Yantoni mengatakan, infrastruktur jalan dan jembatan kembali menjadi prioritas pada penyerapan dana desa tahun 2022 mendatang.  Menurutnya, hal itu wajar karena kelayakan jalan menjadi penentu baik dan buruknya perekonomian masyarakat.

“Karena itu tahun depan jalan dan jembatan ini kita utamakan lagi karena masih ada beberapa kilometer jalan yang masih belum kita revitalisasi,” ujarnya.

Selain infrastruktur, pembangunan irigasi juga tak kalah penting. Sebab sebagai salah satu sentra petani padi, ketersediaan sarana prasarana terkait pertanian sangat didambakan oleh masyarakat. Selama ini, petani di wilayah itu kerap mengeluh lantaran kurang maksimalnya pemanfaatan areal persawahan karena gangguan pasokan air akibat belum tersedianya saluran irigasi yang baik di wilayah itu. 

“Program ini sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang selama ini dihadapkan dengan tidak maksimalnya pasokan air, kita semua tahu bahwa irigasi memiliki peran penting untuk mendukung pengelolaan tanaman padi,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Sukau Hadi Sutanto yang hadir dalam kegiatan itu memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Pihaknya bersama pemerintah pekon siap menampung seluruh masukan dan bagi yang tidak dapat terakomodir oleh dana desa maka akan disampaikan pada musrenbang tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Segala usulan ini, kita tampung untuk kita evaluasi mana yang dapat diakomodir oleh pekon dan mana yang harus kita ajukan ke Pemkab Lambar tahun 2022 nanti,” urainya.

Untuk itu, Hadi meminta masyarakat untuk berpartisipasi dalam musrenbang sebagai bentuk kontribusi dalam pembangunan pekon baik program fisik maupun non fisik.

“Kita berharap usulan usulan pada musrenbang untuk tahun 2022 ini secara keseluruhan dapat direalisasikan sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi,” pungkasnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: