Pesbar Hanya Miliki Dua Unit Kendaraan Damkar

Pesbar Hanya Miliki Dua Unit Kendaraan Damkar

PESISIR BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini hanya memiliki dua unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar), yang ditempatkan di kecamatan Ngambur dan Kecamatan Pesisir Tengah. 

Keberadaan dua unit Damkar itu belum mampu menjangkau semua wilayah dari bencana kebakaran.

Plt. Kasat Pol PP – Damkar Pesbar, Pesbar Cahyadi Muis, mengatakan Kabupaten setempat masih kekurangan kendaraan Damkar, terutama untuk wilayah Kecamatan Bangkunat dan Kecamatan Pesisir Utara.

“Keberadaan kendaraan Damkar yang hanya dua unit belum mampu memaksimalkan penanggulang bencana kebakaran di kabupaten ini, apalagi di wilayah kecamatan yang aksesnya jauh dari lokasi kedua posko Damkar itu disiagakan,” kata dia.

BACA JUGA:Satu Rumah Hangus Terbakar di Kelurahan Gotong Royong

Dijelaskannya, wilayah yang membutuhkan kendaraan Damkar seperti Kecamatan Pesisir Utara dan Kecamatan Lemong, dua wilayah itu cukup jauh dari lokasi Damkar siaga, sehingga jika terjadi musibah kebakaran perjalanan Damkar akan memakan waktu yang lama.

“Selain itu Kecamatan Ngaras dan Bangkunat juga membutuhkan kendaraan Damkar, meski ada Damkar siaga di Ngambur tapi jangkauan yang jauh membuat proses penanggulangan kebakaran tidak maksimal,” jelasnya.

Menurutnya, tahun ini pihaknya akan mengusulkan pengadaan dua unit kendaraan damkar pada tahun 2023 mendatang, sehingga keberadaan kendaraan Damkar itu bisa bertambah.

“Jika nani usulan itu disetujui, kami akan menempatkan Damkar di kecamatan Pesisir Utara dan Kecamatan Bangkunat, sehingga jika terjadi kebakaran pemadamannya bisa langsung dilakukan,” terangnya.

BACA JUGA:Satpol PP-Damkar Pesbar Kembali Tertibkan Pedagang di Tugu Merdeka

Sementara itu, untuk saat ini pihaknya masih memaksimalkan keberadaan Damkar yang sudah ada, untuk melakukan proses pemadaman jika terjadi musibah kebakaran.

 

“Dua unit kendaraan Damkar itu akan kita maksimalkan untuk proses pengendalian kebakaran di kabupaten ini, meski begitu kita tetap berharap wilayah Pesbar aman dari musibah kebakaaran,”  pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: